Menlu Retno Marsudi Terima Penghargaan 'Star of Merit of the Order of the State of Palestine'

Senin 19-08-2024,15:17 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dianugerahi penghargaan nasional Palestina, "Star of Merit of the Order of the State of Palestine," sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Retno menegaskan bahwa penghargaan yang diserahkan oleh Penasihat Presiden Palestina untuk Urusan Luar Negeri, Riyad Al-Maliki, merupakan pengakuan dari pemerintah Palestina terhadap peran dirinya dalam memperjuangkan hak-hak Palestina di tingkat internasional.

“Namun, intinya bukan pada medalinya, tetapi pada konsistensi kita membela Palestina karena itu adalah amanah konstitusi kita,” ujar Retno di Jakarta, Senin (19/8).

BACA JUGA:11 Warga Palestina Tewas Dalam Serangan Israel di Jalur Gaza

Penghargaan tersebut diberikan oleh Al-Maliki setelah Retno menyampaikan pidato dalam acara peresmian pemugaran Gedung Pancasila di kompleks Kemlu RI. Retno segera mengenakan kalung penghargaan tersebut setelah menerimanya.

Menlu RI juga menyatakan bahwa kehadiran Penasihat Presiden Palestina saat Indonesia merayakan kemerdekaannya memiliki makna simbolis yang mendalam terkait dukungan Indonesia terhadap Palestina.

“Apalagi, Palestina adalah termasuk negara yang paling pertama mengakui kemerdekaan Indonesia,” tambah Retno.

BACA JUGA:Negara-Negara Nordik dan Baltik Keberatan atas Kebijakan Visa Hongaria untuk Rusia dan Belarus

Penasihat Presiden Palestina, Al-Maliki, menyatakan bahwa penghargaan tersebut mencerminkan eratnya kerja sama antara Indonesia dan Palestina, khususnya hubungan antara dirinya dan Retno sebagai sesama menteri luar negeri.

“Beliau telah menjadi Menlu selama 10 tahun, sementara saya 17 tahun. Kami sering bertemu, berkoordinasi, dan bahkan berstrategi bersama demi membela perjuangan bangsa Palestina,” ujar Al-Maliki.

Selain Retno, Presiden RI Joko Widodo juga menerima penghargaan "Grand Collar of the Order of the State of Palestine" yang diserahkan oleh Riyad Al-Maliki pada Senin (19/8) pagi.

BACA JUGA:Kasus Pertama Polio di Gaza: Kementerian Kesehatan Palestina Siapkan Kampanye Vaksinasi

Pada kesempatan tersebut, Penasihat Presiden Palestina menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas kepada Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia.

Al-Maliki juga menyampaikan apresiasi dari Presiden Abbas atas peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk advokasi Indonesia untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.*

Kategori :