Raih UHC Award dari Presiden, Prestasi Bupati Bandung Diapresiasi Pakar Politik dan Pemerintahan

Rabu 14-08-2024,15:23 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Pakar politik dan pemerintahan Universitas Nurtanio Bandung, Djamu Kertabudi mengapresiasi pencapaian Bupati Bandung Dadang Supriatna yang meraih Universal Health Coverage (UHC) Awards dari Presiden RI belum lama ini.

Menurutnya, keberhasilan Kang DS, sapaan akrabnya Dadang Supriatna, yang telah melindungi 99,57 persen penduduk Kabupaten Bandung melalui kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) patut diapresiasi semua pihak. 

Sebab, ungkap Djamu, pencapaian 99,57 persen UHC itu telah melampaui target nasional. 

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Penipuan dan Penggelapan Ajukan Saksi Meringankan

Ia menambahkan, pemerintah pusat sendiri menentukan target 98 persen bagi penduduk secara nasional sebagai peserta yang terdaftar dalam program UHC tersebut, baik melalui JKN maupun KIS.

"Keberhasilan Bupati Bandung meraih penghargaan UHC Award dari Presiden RI ini merupakan prestasi yang luar biasa. Saya kira, kita semua harus ucapkan selamat dan mengapresiasi kinerja beliau," ujar Kang Djamu, sapaan akrabnya Djamu Kertabudi dalam keterangannya, Rabu 14 Agustus 2024.

Ia meminta penghargaan UHC Award dari Presiden RI itu jangan hanya dimaknai sebagai simbol penghargaan seremonial saja.

Apresiasi Presiden RI tersebut dinilainya merupakan bukti 'kanyaah' dan keadilan Kang DS dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Djamu menuturkan, UHC merupakan cakupan kesehatan semesta sebagai sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga masyarakat dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi, serta bermutu dengan biaya terjangkau. 

BACA JUGA:Quick Response Penanganan Bencana, BPBD Kabupaten Bandung Launching Aplikasi TiTaTu

UHC, sambungnya, mengandung dua elemen inti, yakni akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. 

"Tentu sebuah prestasi gemilang bagi Bupati Bandung Dadang Supriatna bisa meraih UHC hingga 99,57 persen yang menunjukkan keberhasilan kepemimpinannya dalam menciptakan keadilan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," terangnya.

Prestasi dalam bidang kesehatan tersebut, tambahnya, juga memberikan sumbangsih langsung terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Bandung yang setiap tahunnya berada di atas rata-rata Jawa Barat, dimana salah satu indikator IPM adalah bidang kesehatan.

Dijelaskan Djamu, penghargaan UHC Award dari Presiden RI serta ratusan penghargaan yang diraih selama tiga tahun lebih memimpin Kabupaten Bandung menjadi gambaran konkret dari kualitas kepemimpinan serta kinerja Kang DS.

BACA JUGA:All Out, Demokrat Dukung Kang DS dan Kang Ali di Pilkada Kabupaten Bandung 2024

Kategori :