Kakak Pembina Wajib Tahu! Ini Materi Lengkap Pramuka Penggalang

Rabu 14-08-2024,12:35 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Kali ini, kami akan menyampaikan materi tentang Pramuka Penggalang. Sebelum masuk ke pembahasan, penting bagi kalian untuk mengetahui apa itu Pramuka. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka memiliki empat tingkatan atau golongan, yaitu Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega.

Selanjutnya, kalian juga perlu mengetahui tokoh penting dalam gerakan Pramuka. Bapak Pandu Dunia adalah Baden Powell, dan Bapak Pramuka Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX. Selain itu, perlu diingat bahwa Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Sekarang, kita akan masuk ke materi tentang Pramuka Penggalang. Istilah "Penggalang" diambil dari peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Pramuka Penggalang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Pramuka Penggalang Ramu, Pramuka Penggalang Rakit, dan Pramuka Penggalang Terap.

Ujian Pramuka Penggalang

Untuk menjadi Pramuka Penggalang Ramu, kalian harus menyelesaikan SKU Ramu. Apa itu SKU? SKU adalah singkatan dari Syarat Kecakapan Umum. Setelah kalian menyelesaikan SKU dan berhasil diuji, kalian akan mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). Kakak Pembina juga akan memberikan TKU untuk Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, dan Penggalang Terap.

BACA JUGA:Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia, Terinspirasi dari Kegiatan Tentara Militer

Setelah menyelesaikan SKU Penggalang Ramu, Rakit, dan Terap, kalian berhak mengikuti ujian SKK. Apa itu SKK? SKK adalah singkatan dari Syarat Kecakapan Khusus. Setelah mengikuti ujian SKK, kalian akan memperoleh Tanda Kecakapan Khusus (TKK). TKK dan SKK ini nantinya akan menjadi salah satu syarat untuk mencapai Pramuka Garuda.

Dengan demikian, setelah menyelesaikan SKU Penggalang Ramu, Rakit, Terap, dan memenuhi SKK yang dipersyaratkan untuk Pramuka Garuda, kalian berhak mengikuti seleksi untuk menjadi Pramuka Garuda.

Dalam Pramuka Penggalang, nama regu diambil dari nama hewan untuk regu putra, sedangkan regu putri menggunakan nama bunga. Pramuka Penggalang juga memiliki berbagai kegiatan dan pertemuan, seperti Lomba Tingkat, Gladian Pimpinan Regu (Pinru), Jambore, dan Persami.

Sebagai anggota Pramuka Penggalang, kalian diharapkan untuk mengetahui kode kehormatan Pramuka, yaitu Trisatya dan Dasa Dharma.

Dasa Dharma Pramuka

Dasa Dharma Pramuka terdiri dari 10 butir, yaitu:

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan kesatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menolong dan tabah

Kategori :