Dinilai Kolaboratif, Bupati Bandung Kang DS Raih Penghargaan Pemimpin Daerah Awards 2024

Jumat 09-08-2024,08:59 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR - Bupati Bandung Dadang Supriatna kembali meraih penghargaan bergengsi di kancah nasional dalam ajang Pemimpin Daerah Awards 2024 kategori Kerjasama Strategis Internasional dari televisi berita iNews TV. 

 

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta Concert Hall iNews Tower, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

 

Para dewan juri yang terdiri dari akademisi serta praktisi pemerintahan dan ekonomi di Indonesia menilai bahwa pria yang akrab disapa Kang DS itu berhasil dalam mengimplementasikan kerjasama strategis antara Pemkab Bandung dengan lembaga atau pemerintah di level nasional dan internasional. 

 

"Penghargaan ini dipersembahkan kepada Bupati Bandung Mohammad Dadang Supriatna karena berhasil melakukan kolaborasi antar lembaga nasional dan internasional," ujar pembaca penghargaan. 

 

Menurut dewan juri, salah satunya berkat strategi inovatif Kang DS dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan air bersih yang bekerja sama dengan Pemerintah Australia selama tiga tahun terakhir. 

 

Program kolaborasi Pemkab Bandung dan Pemerintah Australia tersebut dinilai berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam peningkatan akses masyarakat terhadap kebutuhan air bersih. 

 

Pada kesempatan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga memberikan apresiasi khusus kepada Kang DS serta sejumlah kepala daerah lain yang memperoleh penghargaan dalam ajang Pemimpin Daerah Awards 2024.

 

"Saya ucapkan selamat kepada yang berhasil meraih penghargaan Pemimpin Daerah Awards 2024 ini. Ini menandakan saudara-saudara adalah para Kepala Daerah terpilih di Indonesia," ungkap Bamsoet, sapaan akrabnya. 

 

Sementara itu, Kang DS mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas hasil penilaian dewan juri dan iNews TV sehingga dirinya terpilih menjadi salah satu Kepala Daerah yang menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional. 

 

"Sejujurnya saya tidak menyangka kerja kami bersama jajaran Pemkab Bandung selama ini diperhatikan dan mendapatkan apresiasi positif di kancah nasional. Saya tidak pernah berpikir bekerja untuk dapat penghargaan," tuturnya.

 

Ia mengaku selama ini hanya fokus dan berusaha bekerja yang terbaik dengan berbagai inovasi yang dilakukan untuk melayani dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bandung. Jika kemudian diapresiasi, ia menyebut itu adalah bonus. 

 

"Penghargaan ini mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Saya ucapkan terima kasih kepada para dewan juri dan juga iNews atas penghargaan yang luar biasa ini," ucapnya.

 

Penghargaan Pemimpin Daerah Awards 2024 kategori Kerjasama Strategis Internasional itu menjadi penghargaan ke-354 yang diterimanya selama tiga tahun memimpin Kabupaten Bandung. 

 

Sebelumnya, Pemkab Bandung juga meraih tiga penghargaan dari Pemerintah Australia yang diterima langsung oleh Kang DS.

 

Berkat kerjasama strategis dengan Pemerintah Australia, Kang DS menyebut tahun ini pihaknya akan kembali memperluas sambungan air bersih bagi 100 ribu rumah dan penyediaan sumber air bersih di 31 kecamatan se-Kabupaten Bandung. 

 

Ke depan, ia berharap program kerjasama internasional yang dilakukan Pemkab Bandung tidak hanya dilakukan dalam upaya peningkatan pelayanan air bersih bagi masyarakat. 

 

Pihaknya berencana ingin mengembangkan sektor pariwisata Kabupaten Bandung dengan menggandeng pemerintah atau lembaga internasional. 

 

Pasalnya, Kabupaten Bandung memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan menjadi level internasional. 

 

"Potensi sumber daya alam Kabupaten Bandung sangat luar biasa. Kami banyak memiliki destinasi wisata yang dapat dikembangkan untuk skala internasional. Contohnya, saya ingin ada kereta gantung yang melintasi jalur wisata di Kabupaten Bandung," pungkas Kang DS.***(ysp)

 

#bupatibandung 

#kangds

#kolaboratif

#pemerintahdaerah

#award2024

Kategori :