Cakupan JKN-KIS Lampaui Target Nasional, Bupati Bandung Terima UHC Award

Kamis 08-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Bupati Bandung, Dadang Supriatna menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemerintah Pusat.

Raihan ini sebagai pengakuan atas pencapaian dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kamis 8 Agustus 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi berbagai pejabat tinggi, termasuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, serta Menteri-Menteri terkait di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur. 

Kabupaten Bandung dinilai berhasil melampaui target nasional (98%) dengan cakupan UHC mencapai 99,57%, meliputi 3.733.067 jiwa dari total 3.749.172 jiwa penduduk.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dadang Supriatna mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini.

 

BACA JUGA: Mantulpis, Bupati Bandung Kang DS Kepala Daerah Pertama yang Menulis dan Terbitkan Buku

 

"Terima kasih atas penghargaannya. Ini menjadi momen kami untuk terus berkomitmen meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat dan menjadi pertanda sebagai kepedulian kami untuk menjamin kesehatan masyarakat," ujarnya usai menerima penghargaan.

Kang DS, sapaan akrabnya Dadang Supriatna, juga menyanjung sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dan BPJS Kesehatan Cabang Soreang yang telah bekerja keras dalam mewujudkan program JKN.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Terima kasih pula kepada BPJS Kesehatan Cabang Soreang," ungkapnya.

Lebih lanjut Kang DS menyatakan bahwa dengan tercapainya UHC, fasilitas kesehatan di Kabupaten Bandung harus terus ditingkatkan.

"Ke depan, kami akan terus berupaya agar seluruh penduduk Kabupaten Bandung tetap terjamin akses layanan kesehatannya," imbuhnya.

Selain jaminan kesehatan, pihaknya juga telah membangun lima RSUD baru di Kabupaten Bandung selama menjabat Bupati Bandung.

Tujuannya adalah untuk mendekatkan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tags :
Kategori :

Terkait