Kota Cimahi Terima Insentif Fiskal Rp6,1 Miliar untuk Pengendalian Inflasi dari Kemendagri

Selasa 06-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, berhasil meraih insentif fiskal sebesar Rp6,1 miliar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk kategori pengendalian inflasi daerah tahun 2024. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengapresiasi pencapaian Kota Cimahi dalam mengendalikan inflasi, menyebutnya sebagai hasil dari kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan kota.

“Ini team work, kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, artinya cukup baik,” ujar Tito berdasarkan keterangan Pemkot Cimahi di Cimahi, pada Selasa (6/8).

BACA JUGA:Bupati Kang DS Lantik 68 Orang Pejabat Pemkab Bandung, Ini Harapannya

Tito berharap penghargaan ini menjadi dorongan bagi seluruh pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk terus menjaga stabilitas ekonomi dan menurunkan inflasi di Indonesia. Ia menegaskan bahwa inflasi nasional bergantung pada kinerja semua tingkat pemerintahan.

“Karena inflasi nasional tidak hanya tergantung dari kinerja pusat namun juga tergantung pada kinerja pemerintah provinsi, kabupaten dan kota,” ujar Tito.

BACA JUGA:Kembali Aksi, Forum Peduli Indramayu Desak Kapolda Jabar Periksa Lucky Hakim

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Luky Alfirman, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kinerja pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi. Luky menambahkan bahwa penghargaan ini bertujuan untuk memacu persaingan sehat di antara pemerintah daerah, khususnya dalam pengendalian inflasi, dan mendorong peningkatan kinerja sepanjang tahun 2024.

“Pemberian penghargaan ini dilakukan atas kinerja pemerintah daerah pada tahun berjalan dan diberikan dalam beberapa periode dan beberapa kategori, agar pemerintah daerah terus terpacu untuk meningkatkan kinerja nya sepanjang tahun 2024,” ujar Luky.

BACA JUGA:Peletakan Batu Pertama BLK Muslimat NU Jabar, Bupati Bandung Kutip Hadits Nabi

Penjabat Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, mengungkapkan kebanggaan atas prestasi ini, yang menurutnya merupakan hasil dari kerja keras dan inovasi dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Cimahi. Ia menilai penghargaan ini sebagai pengakuan terhadap terobosan dan langkah-langkah yang telah dilakukan untuk menjaga inflasi sesuai harapan pemerintah pusat.

“Ini adalah penghargaan yang luar biasa karena kita Kota Cimahi dinilai berhasil dalam melakukan terobosan-terobosan dan langkah-langkah sehingga inflasi tetap terjaga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah pusat,” ujarnya.*

Kategori :