BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Akan Diguyur Hujan, Simak Lengkapnya!

Jumat 02-08-2024,08:39 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan pada hari Jumat.

"Diawali dari wilayah Sumatera, Banda Aceh diprakirakan berawan tebal. Potensi hujan dengan intensitas ringan terdapat di wilayah medan dan juga tanjung pinang. Sementara potensi hujan sedang diprakirakan terjadi di Padang dan Pekanbaru," kata Prakirawan BMKG Bagas Brilliano melalui siaran prakiraan cuaca secara daring di Jakarta, Jumat.

Bagas menyampaikan bahwa beberapa wilayah lain di Pulau Sumatera seperti Jambi, Bengkulu, dan Palembang diperkirakan akan berawan tebal, sedangkan Pangkal Pinang dan Lampung diperkirakan akan mengalami hujan ringan.

Berlanjut ke Pulau Jawa, mayoritas wilayah seperti Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya diperkirakan akan hujan ringan, sementara Yogyakarta diperkirakan berawan.

"Sementara itu, untuk wilayah Kupang, Mataram dan Denpasar umumnya cerah berawan hingga berawan," ujarnya.,

 

BACA JUGA: BMKG Rilis Peringatan Hujan Lebat: Inilah Daerah-daerah yang Terkena Dampak



Menurut Bagas, wilayah Kalimantan seperti Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, dan Samarinda diperkirakan akan mengalami hujan ringan. Sementara itu, Tanjung Selor diperkirakan akan mengalami hujan disertai petir.

"Selanjutnya, untuk wilayah Sulawesi, seperti Makassar, Gorontalo dan Kendari umumnya berawan hingga berawan tebal," ujarnya.

Bagas menjelaskan bahwa di beberapa wilayah Sulawesi, seperti Mamuju dan Palu, diperkirakan akan mengalami hujan ringan, sementara Manado diprediksi akan diguyur hujan lebat.

Di Indonesia Timur, hujan ringan diperkirakan akan terjadi di Ambon, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayawijaya, dan Jayapura. Hujan sedang diperkirakan akan terjadi di Nabire, sedangkan Merauke diprediksi berawan tebal.

Bagas mengingatkan masyarakat bahwa prakiraan tersebut merupakan gambaran umum cuaca di masing-masing wilayah. Untuk mengetahui prakiraan cuaca yang diperbarui setiap tiga jam, masyarakat dapat memantaunya melalui aplikasi InfoBMKG yang tersedia di Playstore dan AppStore.

Kategori :