Tak Hanya Rendang, Ini 5 Makanan Khas Padang yang Paling Populer dan Wajib Kamu Coba!

Rabu 31-07-2024,14:58 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

Yang membuat Ayam Pop spesial adalah warna daging ayamnya yang putih bersih karena tidak menggunakan bumbu berwarna saat dimasak. Ayam Pop biasanya disajikan dengan sambal khas Padang yang pedas dan segar serta lalapan seperti timun dan daun singkong rebus.

 

BACA JUGA: Resep dan Cara Membuat Ayam Pop Khas Padang yang Super Lezat

 

5. Dendeng Balado

Dendeng Balado adalah hidangan daging sapi yang diiris tipis, dikeringkan, dan digoreng hingga renyah, kemudian disajikan dengan sambal balado yang pedas. Proses pembuatan dendeng balado cukup panjang, mulai dari mengiris daging, mengeringkannya di bawah sinar matahari atau oven, hingga menggoreng dan membumbui dengan sambal balado.

Sambal balado terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan jeruk nipis yang ditumis hingga harum. Perpaduan antara dendeng yang renyah dan sambal balado yang pedas menciptakan rasa yang khas dan menggugah selera. Dendeng balado sering dijadikan lauk pendamping nasi putih hangat.

Kesimpulan

 

Lima makanan khas Padang yang telah dibahas di atas hanyalah sebagian kecil dari kekayaan kuliner Minangkabau. Setiap makanan tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menyimpan cerita dan tradisi yang patut dilestarikan.

Jika Anda berkesempatan, jangan ragu untuk mencicipi kelezatan rendang, sate padang, gulai tambusu, ayam pop, dan dendeng balado. Nikmati setiap gigitan dan rasakan keunikan cita rasa yang dihadirkan oleh masakan khas Padang. Selamat menikmati!

Kategori :