Sejarah Olimpiade Dunia, Berawal dari Zaman Yunani Kuno

Selasa 30-07-2024,07:09 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Siapa yang tidak kenal dengan Olimpiade? Ajang olahraga paling prestisius ini diadakan setiap empat tahun sekali dan selalu berhasil menarik perhatian dunia. Namun, tahukah Anda bahwa Olimpiade memiliki sejarah yang cukup unik dan menarik?

Bermula dari zaman Yunani kuno pada tahun 776 sebelum Masehi, ketika para atlet bertanding demi kehormatan para dewa, Olimpiade kemudian berkembang menjadi pesta olahraga modern yang melibatkan ribuan atlet dari berbagai negara.

Mari kita telusuri bersama sejarah Olimpiade yang sebenarnya. Olimpiade adalah rangkaian kompetisi olahraga internasional yang diadakan setiap empat tahun sekali. Sejarah Olimpiade terbagi menjadi dua periode utama, yaitu Olimpiade kuno dan Olimpiade modern.

Sejarah Olimpiade bermula di Yunani kuno sekitar tahun 776 sebelum Masehi. Pada dasarnya, pertandingan Olimpiade kuno merupakan bagian dari festival keagamaan untuk menghormati dewa Zeus, ayah para dewa dan dewi Yunani. Festival dan permainan tersebut diadakan di Olympia, sebuah situs pedesaan di Peloponnesos bagian barat.

BACA JUGA:Nadal Tantang Djokovic di Babak Kedua Olimpiade Paris 2024, Jadi Duel Ke-60

Orang-orang Yunani yang datang ke tempat suci Zeus menganut kepercayaan agama yang sama dan berbicara dalam bahasa yang sama. Para atletnya semuanya laki-laki, warga negara dari kota-kota di seluruh penjuru dunia Yunani.

Mereka datang dari Iberia (Spanyol) di barat dan Laut Hitam (Turki) di timur. Tempat suci ini dinamai menurut nama Gunung Olympus, gunung tertinggi di daratan Yunani. Dalam mitologi Yunani, Gunung Olympus adalah rumah para dewa-dewi Yunani.

Olimpiade Kuno (776 SM - 393 M)

Pertandingan Olimpiade kuno dimulai pada tahun 776 sebelum Masehi ketika Koroibos, seorang juru masak dari kota terdekat Elis, memenangkan perlombaan di stadion Olympia.

Perlombaan lari sepanjang 600 kaki atau sekitar 182 meter, menurut beberapa tradisi sastra, adalah satu-satunya pertandingan atletik dalam 13 festival Olimpiade pertama hingga tahun 724 sebelum Masehi.

Sejak tahun 776 sebelum Masehi, Olimpiade diadakan di Olympia setiap empat tahun sekali selama hampir 12 abad. Namun, bukti literatur dan arkeologi menunjukkan bahwa permainan tersebut mungkin sudah ada di Olympia jauh lebih awal, kemungkinan pada awal abad ke-10 atau ke-9 sebelum Masehi.

Perlombaan maraton sebenarnya bukanlah acara pertandingan Olimpiade kuno. Perlombaan ini pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade modern tahun 1896 di Athena. Perlombaan ini dimulai dari Maraton, timur laut Athena, menuju Stadion Olimpiade yang jaraknya 40 km.

Perlombaan ini memperingati larinya Pheidippides, seorang pelari yang membawa berita tentang pendaratan Persia di Maraton pada tahun 490 sebelum Masehi.

Pheidippides berlari sejauh 239,7 km ke Sparta untuk meminta bantuan dalam pertempuran tersebut. Maraton sendiri adalah sebuah kota di Yunani yang terletak sekitar 42 km timur laut Athena.

Menurut sejarawan Yunani kuno abad kelima sebelum Masehi, Herodotus, Pheidippides menyampaikan berita tersebut kepada Spartan keesokan harinya. Jarak maraton modern distandarisasi menjadi 42,195 km.

BACA JUGA:Rusia Tuding Prancis Diskriminasi Atlet Berhijab di Olimpiade

Kategori :