Kejar Target Presiden, Wamentan Dorong Swasembada Pangan

Sabtu 27-07-2024,21:58 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono menargetkan Indonesia bisa swasembada pangan dalam empat tahun. 

Ia mengungkapkan, Presiden terpilih Prabowo Subianto telah menuangkan target itu ke dalam visi pembangunan kedaulatan pangan. 

"Soal pangan, Pak Prabowo tidak mau asal-asalan. Beliau tidak mau yang biasa, mesti ada sentuhan yang luar biasa. Nah, sejauh ini sudah digariskan oleh Bapak Menteri Pertanian," kata Sudarsono dalam rangka, saat ditemui dalam acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu 27 Juli 2024.

Untuk merealisasikan hal itu, kata ia, urusan sektor pangan mesti satu komando. Ia mencontohkan persoalan distribusi pupuk, yang kerap menjadi persoalan mesti segera dibenahi dan diawasi dari mulai hulu ke hilir. 

BACA JUGA:Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Ungkap Sedang Menggalakkan Penggunaan Pupuk Organik

"Persoalan pupuk harus sesuai regulasi, kita akan awasi terus harus betul-betul sampai kepada orang yang memang membutuhkan pupuk itu yaitu para petani kita," ujarnya.

Dalam urusan benih, paparnya, kini tengah mengkaji usulan penyeragaman benih agar memiliki hasil yang maksimal bagi seluruh petani. 

"Misalnya, petani itu kan ada yang kita bantu benih dari pemerintah itu jumlahnya sekitar 18 persen dari total seluruh cakupan sawah. Sementara ada sekitar 65 persen petani yang memang membeli benih padi yang sesuai standar, yang tersertifikasi," terangnya.

Menurutnya, masih ada sisa sekitar 15 hingga 20 persen petani yang kita tengarai. Khususnya banyak yang di luar Jawa benihnya itu benih bikin sendiri. Dimana, hasil panen kemudian ditanam lagi. Tentu produktivitasnya beda.

"Jadi ada usulan dari banyak lembaga, banyak orang, banyak aktivis pertanian. Bagaimana supaya produktivitasnya tinggi itu kalau benih itu dikasih aja.  Sehingga kita seragam semua petani Indonesia nanamnya benih bersertifikasi," ungkapnya.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh stakholder untuk menyamakan visi untuk mewujudkan target swasembada pangan.

"Untuk terbangunnya cita-cita itu, maka tidak bisa lagi memikirkan sektor masing-masing, kalau begitu tujuannya tidak bisa terwujud karena ini holistik, dari hulu sampai hilir harus terpenuhi semua," harapnya.

BACA JUGA:Jokowi Menilai Swasembada Pangan Proses Yang Panjang Karena Tantangan Iklim

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kegiatan Gebyar Perbenihan yang menyediakan teknologi dan inovasi pertanian yang tepat dalam menghadapi dampak El Nino. 

Kementerian Pertanian, lanjutnya, tengah mendorong penyediaan pompanisasi dan pipanisasi sehingga lahan pertanian yang terdampak El Nino mendapatkan pasokan air yang cukup agar produksi pertanian nasional tidak turun.

Kategori :