Mengurangi Angka Pengangguran, Pemkab Bandung Gelar Job Fair Mini Untuk 350 Pencari Kerja

Sabtu 27-07-2024,19:12 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

"Mereka berkesempatan kerja ditentukan oleh pihak perusahaan masing-masing selaku penerima para pencari kerja itu, setelah melewati proses seleksi atau interview dan lain sebagainya. Mudah-mudahan mereka bisa segera bekerja di perusahaan yang diinginkannya," tutur Rukmana.

Ditambahkan Kabid Perencanaan Tenaga Kerja dan Informasi Pasar Kerja Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung Moh. Zumhan AB, selama tahun 2024 ini, diperkirakan sekitar 1000 pencari kerja sudah diterima dan bekerja di perusahaan. 

"Mengingat setiap pelaksanaan Job Fair Mini, rata-rata sekitar 300 lowongan kerja yang disiapkan oleh perusahan-perusahaan yang berkerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung," kata Zumhan.

Zumhan pun turut memberikan edukasi dan arahan kepada para calon pencari kerja. Di antaranya, ia mengarahkan para pencari kerja untuk mempersiapkan mental. Selain itu, ia berharap para pencari kerja untuk mengikuti pelatihan untuk menambah skill, wawasan, ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bekerja.

"Dinas Ketenagakerjaan sudah menyiapkan sarana pendidikan dan pelatihan untuk para pencari kerja. Faktor utamanya adalah mental. Jangan sampai sudah sekali melamar kerja, kemudian tidak diterima langsung mundur. Bisa berkali-kali melamar, karena tidak satu kali langsung jadi atau keterima bekerja di sebuah perusahaan. Harus disiapkan mental," tuturnya (*).

Kategori :