Prabowo Saksikan Parade Kontingen RI di Pembukaan Olimpiade Paris

Sabtu 27-07-2024,10:38 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyaksikan langsung parade defile Kontingen RI saat upacara pembukaan Olimpiade Paris di sepanjang Sungai Seine, Kota Paris, Jumat malam (26/7) waktu setempat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Sabtu, menjelaskan Menhan Prabowo menyaksikan parade defile Kontingen RI itu bersama Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjabat Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari, dan sejumlah pejabat yang mendampingi Prabowo selama melawat di Paris minggu ini.

“Sebelum upacara pembukaan dimulai, Presiden Perancis Emmanuel Macron menyambut dan menjamu para pemimpin dunia di Istana Kepresidenan Elysee di Paris, Perancis. Dalam kesempatan itu, Menhan Prabowo turut hadir,” kata Kepala Biro Humas Setjen Kemhan RI, yang juga ikut mendampingi Menhan Prabowo di Paris yang dirangkum dari Antar.

Prabowo, yang mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dan peci hitam, disambut oleh Presiden Macron beserta Ibu Negara Perancis Brigitte Macron, saat presiden terpilih itu tiba di Istana Elysee.

Usai menghadiri jamuan di Istana Elysee, Menhan Prabowo bersama rombongan pemimpin negara dan tamu undangan lanjut bergeser ke tepi Sungai Seine untuk menyaksikan rangkaian upacara pembukaan Olimpiade Paris, yang untuk pertama kalinya digelar di luar stadion.

Total ada 85 kapal dikerahkan oleh penyelenggara untuk mengangkut atlet-atlet dari 200 lebih negara saat parade defile Olimpiade Paris di Sungai Seine.

Di atas kapal, sebanyak 14 perwakilan Kontingen RI di Olimpiade Paris termasuk Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie, atlet judo Maryam March Maharani, atlet balap sepeda Bernard Benjamin van Aert, dan dua atlet renang yaitu Azzahra Permatahani dan Joe Aditya mengibarkan bendera merah putih dan melambaikan tangan ke arah tribun penonton saat parade defile berlangsung.

Kala rombongan Kontingen RI melintas, Prabowo langsung berdiri dan melambaikan tangannya ke arah mereka.

Menhan Prabowo juga tampak tersenyum dan bertepuk tangan saat menyaksikan parade defile Kontingen RI.

Prabowo tetap memilih duduk di tribun penonton dan menyaksikan langsung parade defile Kontingen RI, meskipun Kota Paris saat itu tengah turun hujan.

Di Olimpiade Paris, total ada 29 atlet Indonesia yang bakal berlaga di 12 cabang olahraga di antaranya renang, balap sepeda, atletik, judo, badminton, panahan, senam artistik, angkat besi, selancar ombak, dayung, dan panjat tebing.

*

Kategori :