Karangan Bunga Hiasi Jalan Menuju Rumah Duka Hamzah Haz, Tokoh Bangsa Berikan Penghormatan Terakhir

Rabu 24-07-2024,16:09 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Sepanjang jalan menuju rumah duka Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz, yang wafat pada Rabu pagi di kediamannya, Jalan Tegalan, Matraman, Jakarta, dihiasi oleh sejumlah karangan bunga ucapan duka cita dari berbagai tokoh. Karangan bunga ini datang dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari tokoh-tokoh pemerintah, politisi, pengusaha, hingga kerabat dekat almarhum.

Karangan bunga yang menghiasi sepanjang jalan menuju rumah duka berasal dari berbagai tokoh pemerintah, termasuk kepala lembaga, menteri, direktur jenderal, serta pejabat-pejabat TNI dan Polri. Tidak hanya itu, Presiden dan Wakil Presiden terdahulu juga turut mengirimkan karangan bunga sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Hamzah Haz.

Sejumlah tokoh bangsa juga hadir di rumah duka untuk memberikan penghormatan terakhir. Di antaranya adalah Presiden Joko Widodo yang datang bersama Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024 Gibran Rakabuming Raka, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono.

 

BACA JUGA:Jenazah Hamzah Haz Dishalatkan di Masjid Dekat Rumah Duka, Dihadiri Banyak Tokoh Penting

 

Selain itu, Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden Ke-11 Budiono juga terlihat di rumah duka. Kehadiran mereka menunjukkan betapa besar rasa kehilangan yang dirasakan oleh bangsa Indonesia atas wafatnya Hamzah Haz.

Beberapa tokoh politik juga turut hadir, seperti Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel. Sementara itu, Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri berhalangan hadir dan diwakili oleh Ahmad Basarah, kader dari PDI Perjuangan.

Hamzah Haz wafat pada pukul 09.30 WIB di kediamannya dalam usia 84 tahun. Beliau lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, pada 15 Februari 1940, dan pernah menjabat sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri.

 

BACA JUGA:Jenazah Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz Diberangkatkan Menuju Pemakaman di Cisarua Bogor

 

Setelah proses persemayaman, jenazah Hamzah Haz dishalatkan di masjid yang berada di depan kediamannya. Proses pemakaman dilakukan dengan upacara militer, yang dimulai dengan prosesi penyerahan jenazah dari keluarga kepada pemerintah. Jenazah berangkat sekitar pukul 14.30 WIB dari rumah duka menuju daerah Bogor, Jawa Barat. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di makam keluarga yang berlokasi di Cisarua, Bogor.

Kepergian Hamzah Haz meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, dan bangsa Indonesia. Kehadiran berbagai tokoh bangsa serta karangan bunga yang terus berdatangan hingga sore hari menunjukkan betapa besar rasa kehilangan yang dirasakan. Semoga arwah almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. Selamat jalan, Hamzah Haz. Terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa yang telah diberikan kepada bangsa dan negara (*).

Kategori :