Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Lestarikan Kebaya pada Hari Kebaya Nasional

Rabu 24-07-2024,16:04 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untuk menjaga kebaya sebagai bagian dari warisan budaya bangsa pada peringatan Hari Kebaya Nasional. Dalam unggahannya di akun Instagram resmi Jokowi pada Rabu (24/7), Presiden mengajak masyarakat untuk mencintai kebaya.

"Saya bersama Ibu Iriana mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mencintai kebaya sebagai bagian dari budaya kita," tulis Presiden dalam keterangan foto yang diunggah melalui media sosialnya.

BACA JUGA:IKN Siap Jadi Lokasi Upacara HUT ke-79 RI dengan Persiapan Optimal

Presiden menjelaskan bahwa berbagai jenis kebaya dari Indonesia akan diajukan sebagai nominasi UNESCO bersama empat negara ASEAN lainnya. Kebaya-kebaya yang diajukan antara lain kebaya Labuh dari Sumatera, kebaya Kutu Baru dari Jawa, kebaya Noni dari Sulawesi Utara, kebaya Nona dari wilayah Timur Maluku dan Papua, serta kebaya Kerancang.

"Pada Hari Kebaya Nasional ini, mari kita melestarikan kebaya agar kebudayaan kita tetap hidup dan tidak punah," ujar Presiden.

BACA JUGA:Jenazah Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz Diberangkatkan Menuju Pemakaman di Cisarua Bogor

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menghadiri acara puncak Hari Kebaya Nasional di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu. Presiden mengenakan batik bernuansa cokelat dan putih, sementara Ibu Iriana tampil dengan kebaya biru berbahan beludru.

Dalam acara tersebut, Presiden, Ibu Iriana, dan para hadirin menyaksikan pameran kebaya Indonesia yang diperagakan oleh beberapa figur publik seperti Widyawati, Prilly Latuconsina, dan Syifa Hadju.

Peringatan Hari Kebaya Nasional diadakan untuk pertama kalinya tahun ini setelah diterbitkannya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.*

Kategori :