IKN Siap Jadi Lokasi Upacara HUT ke-79 RI dengan Persiapan Optimal

Rabu 24-07-2024,16:00 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, menyatakan bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) siap menjadi lokasi upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan persiapan yang optimal.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta pada hari Rabu, Danis menyampaikan bahwa persiapan untuk upacara HUT ke-79 RI di IKN terus berlangsung dengan cepat. Pembangunan infrastruktur utama, seperti Istana Negara, lapangan upacara, Kantor Presiden, kantor-kantor kementerian lainnya, serta pasokan air bersih, sedang dipercepat untuk memastikan semuanya siap tepat waktu.

"Sumber air baku di IKN, termasuk Intake Sungai Sepaku dan Bendungan Sepaku Semoi, memiliki kapasitas yang cukup dan akan siap digunakan dalam waktu dekat. Sumber air baku Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter per detik, sedangkan bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik," ungkap Danis.

Proses penyediaan air bersih melibatkan beberapa tahapan, mulai dari pengolahan air di Instalasi Pengolahan Air (IPA), pemompaan air ke Istana melalui pipa sepanjang 16 km, penampungan di reservoir utama, hingga distribusi ke kantor-kantor melalui pipa sepanjang 22,8 km.

"Pembangunan instalasi dan infrastruktur sudah selesai, tetapi seperti mobil baru, perlu test drive yang memerlukan waktu," tambah Danis.

 

BACA JUGA: Kementerian PUPR Percepat Pembangunan Sarana dan Prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN)

 

Persiapan fasilitas lainnya seperti Istana Negara, Kantor Presiden, Perkantoran Kementerian Koordinator (Kemenko), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) juga sedang dikebut penyelesaiannya.

Menurut data Kementerian PUPR per 18 Juli 2024, progres pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara telah mencapai 87,6 persen, sementara pembangunan Kantor Presiden telah mencapai 88,5 persen.

Danis menjelaskan bahwa saat ini terdapat 1.300 orang yang bekerja menyelesaikan interior Istana Negara dan 1.400 orang di Kantor Presiden.

Pembangunan Sumbu Kebangsaan/Plaza Seremoni tahap I sudah 100 persen selesai dan siap digunakan untuk Upacara 17 Agustus 2024.

Sementara itu, pembangunan Kantor Sekretariat Presiden dan bangunan pendukungnya telah mencapai 93,86 persen dan sudah beroperasi secara fungsional pada Juli 2024.

"Progres pembangunan Kantor Kemensetneg saat ini sudah mencapai 84 persen. Sementara, progres pembangunan Kantor Kemenko bervariasi, Kemenko 1 mencapai 83,4 persen; Kemenko 2 mencapai 42,7 persen, Kemenko 3 mencapai 87,9 persen; dan Kemenko 4 mencapai 91,5 persen," ujarnya.

Menurutnya, seluruh gedung Kemenko akan dapat beroperasi secara fungsional pada bulan Agustus 2024, dan akan mendukung kegiatan Upacara 17 Agustus 2024.

Pembangunan jalan tol dari Balikpapan menuju IKN juga menunjukkan perkembangan signifikan. Jalan tol ini akan difungsikan saat Presiden mengunjungi IKN pada Agustus 2024 dan akan mengurangi waktu tempuh perjalanan darat dari dua setengah jam menjadi satu setengah jam.

Untuk memastikan semua persiapan berjalan sesuai rencana, Tim Publikasi dan Kehumasan Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kemensetneg, Kantor Staf Presiden (KSP), dan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) telah melakukan kunjungan kerja ke IKN pada 19 Juli 2024.

Kategori :