Real Madrid Jadi Klub Pertama Raih Pendapatan 1 Miliar Euro Setahun

Rabu 24-07-2024,08:50 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar Disway - Juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, jadi klub olahraga pertama di dunia yang memeroleh pendapatan 1,073 miliar Euro (sekitar Rp17,5 triliun) per tahun.

 

Pendapatan senilai 1,073 miliar euro itu tidak termasuk transfer pemain, dan merupakan peningkatan sebesar 230 miliar Euro atau 27% dari tahun sebelumnya. Hal ini sebagaimana dalam keterangan resmi Madrid, pada Rabu 24 Juli 2024 dikutip dari Antara.

 

"Di lapangan, tim utama sepakbola memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya pada periode 2014-2024, serta gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol. Tim bola basket memenangkan Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyop, serta mencapai final EuroLeague. Ini semua berkontribusi pada peningkatan, tetapi juga biaya yang lebih tinggi, khususnya terkait dengan bonus skuad olahraga," bunyi keterangan resmi El Real.

 

BACA JUGA:Aston Villa Amankan Servis Amadou Onana dari Everton, Jadi Pengganti Douglas Luiz

 

Real Madrid total mendapatkan laba bersih sebesar 16 miliar Euro pada 2024. Adapun ekuitas klub pemiliki 15 trofi Liga Champions itu sekarang memiliki total ekuitas sebesar 574 Euro.

 

Kenaikan pendapatan ini tida terlepas dari melonjaknya pendapatan komersial klub, pendapatan sponsor, dan pendapatan dari stadion Santiago Bernabeu yang sekarang jadi lini bisnis anyar setelah direnovasi.

 

"Pada periode ini, meskipun stadion tidak beroperasi penuh, klub telah berhasil melampaui angka satu miliar Euro dalam pendapatan aset tetap. Ini adalah angka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub sepakbola mana pun," tulis Los Blancos.

 

BACA JUGA:Tok! Marseille Datangkan Mason Greenwood dari MU

Kategori :