Bisnis Beyond kWh Makin Berkembang, PLN Icon Plus Catat Kenaikan Pendapatan 33%

Kamis 18-07-2024,17:42 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR – Sebagai Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero), PLN Icon Plus berhasil mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 33% yang diumumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk Laporan Perhitungan Tahunan (LPT) Tahun Buku 2023.

Prestasi ini menegaskan komitmen PLN Icon Plus dalam mendukung PLN untuk memperluas bisnisnya di luar sektor ketenagalistrikan, termasuk layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, solusi digital, serta transformasi energi.

Sebagai perusahaan yang beroperasi dalam sektor teknologi informasi dan komunikasi, PLN Icon Plus memiliki visi untuk menjadi pemimpin dalam menyediakan solusi smart connectivity, energi digital, dan energi hijau yang terintegrasi guna mendukung transisi energi di Indonesia. Dengan jaringan yang luas dan andal, PLN Icon Plus mampu menjangkau berbagai wilayah di seluruh Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil yang memerlukan akses teknologi untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Laporan keuangan PLN Icon Plus tahun 2023 mengungkapkan performa yang sangat positif dengan pendapatan sebesar Rp5,363 triliun, meningkat 33% dibandingkan tahun 2022 “PLN Icon Plus berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan yang signifikan, ini merupakan pertumbuhan revenue tertinggi selama PLN Icon Plus berdiri. Hal ini menunjukkan daya saing dan inovasi perusahaan dalam menghadapi tantangan industri,” ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi.

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Tekankan Responsifitas Wakil Menteri Terhadap Tantangan Baru

PLN Icon Plus terus mendukung percepatan transformasi digital di semua proses bisnis. Pada tahun 2023, PLN Icon Plus berfokus pada pengembangan layanan solusi digital seperti Energy Management System dan Credit Scoring.

Selain itu, penerapan digitalisasi di seluruh unit PLN Group telah meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan.

Sepanjang tahun 2023, PLN Icon Plus telah meraih 103 penghargaan yang mencakup berbagai aspek bisnis, termasuk inovasi digital serta penerapan GRC (Governance, Risk Management, and Compliance). Penghargaan-penghargaan ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan pelayanan unggul.

PLN Icon Plus bertekad untuk terus tumbuh dan maju melalui strategi bisnis yang berkelanjutan. Tahun 2023 menjadi momen penting dengan berbagai inisiatif baru, termasuk pengembangan bisnis Beyond kWh melalui investasi di sektor ritel dan publik.

Selain itu, perusahaan juga memperluas cakupan layanan broadbandnya dengan lebih dari 1 juta pelanggan dan pendapatan yang melebihi Rp1 triliun.

BACA JUGA:OJK: Program Asuransi Wajib Kendaraan Tunggu Peraturan Pemerintah

“Kami bangga dengan pencapaian luar biasa yang telah dicapai selama tahun 2023. Dengan pertumbuhan pendapatan yang signifikan serta percepatan transformasi digital yang positif, PLN Icon Plus telah membuktikan daya saing dan inovasinya di industri telekomunikasi. Di masa mendatang, kami akan terus berinovasi dan memastikan bahwa kami memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan pemegang saham. Kami siap untuk berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur teknologi di Indonesia, dengan komitmen untuk menjaga kualitas dan pelayanan prima,” ujar Ari.

PLN Icon Plus telah ditunjuk sebagai salah satu penyedia infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) serta mendukung pengembangan konsep ‘smart, green, and beautiful’ di kawasan tersebut. Proyek ini menunjukkan peran strategis PLN Icon Plus dalam mewujudkan IKN menjadi kota ‘smart, green, and beautiful.’

PLN Icon Plus berencana untuk terus memperkuat posisi keuangan dan operasionalnya melalui berbagai inisiatif strategis. “Dengan dukungan pemegang saham dan seluruh karyawan, kami optimis dapat mencapai target dan menghadapi tantangan di tahun 2024,” ujar Ari.

Dalam penutupannya, Ari Rahmat Indra Cahyadi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemegang saham, karyawan, dan mitra kerja PLN Icon Plus atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan. “Kami akan terus berupaya memberikan yang terbaik bagi kemajuan perusahaan dan kesejahteraan semua pihak yang terlibat,” pungkasnya.

Kategori :