10 Pantangan Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi, Kamu Sudah Tau?

Kamis 18-07-2024,15:38 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Kolesterol merupakan lemak esensial yang diproduksi oleh hati dan diperoleh dari makanan yang kita konsumsi.

Meski penting bagi tubuh untuk memproduksi hormon, mencerna vitamin, dan menjaga kesehatan sel, kadar kolesterol yang berlebihan dapat berbahaya. Untuk itu, penting bagi penderita kolesterol tinggi untuk memperhatikan pola makan sehari-hari. Berikut adalah beberapa pantangan makanan yang harus dihindari. 

Daftar Makanan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

1. Gorengan

Makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. Meski enak dan gurih, gorengan mengandung kalori tinggi dan lemak trans, terutama jika dimasak dengan minyak jelantah (minyak yang sudah digunakan berulang kali).

Contoh makanan yang harus dihindari antara lain tahu goreng, tempe goreng, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Sebagai alternatif, pilihlah makanan yang dikukus, direbus, atau dipanggang.

2. Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti santan kelapa, daging kemasan (kornet, sosis), minyak kelapa sawit, dan mentega dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Sebaiknya, gantilah dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, atau pilihlah cara masak yang lebih sehat seperti memanggang.

 

BACA JUGA:11 Sayuran Penurun Kolesterol yang Efektif dan Sehat? Simak Selengkapnya Disini!

 

3. Jeroan

Jeroan seperti hati, otak, usus, limpa, dan jantung dari ayam, bebek, kambing, atau sapi sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Meski rasanya enak, jeroan memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi.

4. Kulit

Kulit ayam atau sapi (kikil) mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol. Meski gurih dan lezat, sebaiknya hindari mengonsumsi kulit untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

5. Kuning Telur

Meski mengonsumsi telur tidak sepenuhnya dilarang, bagian kuning telur mengandung kolesterol tinggi (sekitar 242 mg per butir).

Batasi konsumsi kuning telur, terutama jika digoreng dengan margarin atau mentega. Sebaiknya konsumsi putih telur yang kaya akan protein atau pilih metode masak yang lebih sehat seperti merebus.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng, burger, dan pizza mengandung kolesterol tinggi dan kurang gizi.

Makanan ini sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol, menyebabkan obesitas, dan berisiko memicu penyakit jantung serta peradangan.

7. Udang

Kategori :