Ma'ruf Amin sebut MUI Memiliki Peran Vital dalam Melindungi Akidah Umat dari Ajaran Sesat

Rabu 17-07-2024,20:01 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki peran penting dalam menjaga akidah umat dari ajaran-ajaran yang menyimpang dan memastikan umat menjalankan muamalah sesuai syariah.

Saat memimpin Rapat Pleno Dewan Pertimbangan MUI di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Wapres menekankan pentingnya menjaga umat agar ber-muamalah sesuai syariah dan membangun ekonomi syariah.

"Bagaimana kita menjaga ini. Bagaimana kita mengawal umat dalam ber-muamalah, jangan sampai tidak sesuai dengan syariah. Maka itu, kita membangun ekonomi syariah," ujar Wapres Ma'ruf Amin, Rabu (17/7).

BACA JUGA:Dukung Peningkatan Kualitas Kesehatan, Menteri AHY Teken MoU dengan Menkes

Sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Wapres juga meminta agar pengurus MUI lebih aktif dalam bidang pendidikan untuk memberdayakan umat, khususnya dalam mencetak ulama dan pemakmur bumi.

Menurutnya, diperlukan dua jenis sumber daya manusia: ulama yang paham agama dan mereka yang memakmurkan bumi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kita harus menyediakan dua sumber daya manusia ini, ulama yang paham agama dan mereka yang memakmurkan bumi melalui ilmu pengetahuan dan teknologi." ujarnya.

Terkait penyatuan umat, Wapres menjelaskan bahwa MUI harus menyatukan umat dalam hal-hal strategis seperti menyamakan manhaj (kaidah dan ketentuan) dan pemahaman agama. Perbedaan yang menyimpang harus dihilangkan, dan umat harus bersatu dalam hal-hal yang tidak boleh berbeda.

BACA JUGA:Ini Alasan Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Dipotong jadi Rp 7.500 per Anak

"Perbedaan yang menyimpang harus diamputasi. Kita harus menyatukan pendapat dalam hal-hal yang tidak boleh berbeda," ujar Wapres.

Di akhir arahannya, Wapres meminta Dewan Pertimbangan MUI untuk membuat rekomendasi tertulis yang terperinci mengenai langkah-langkah yang perlu diambil dan diperbaiki. Dewan Pertimbangan harus memberikan arahan yang jelas kepada pengurus harian mengenai tugas-tugas mereka.

"Dewan pertimbangan harus memberikan rekomendasi kepada pengurus harian. Anda harus begini, anda harus begini. Jadi, dewan pertimbangan kerjanya bukan hanya bicara di luar, tetapi juga membuat rekomendasi," katanya.

BACA JUGA:Gibran Bacakan Surat Pengunduran Diri Pada Rapat Paripurna

Wakil Ketua Umum MUI, Marsudi Syuhud, melaporkan beberapa kebijakan MUI di berbagai bidang, termasuk dakwah. MUI telah melakukan sertifikasi dai sesuai dengan tuntutan publik, yang telah diikuti oleh ormas-ormas Islam di bawah naungan MUI, dan program ini telah mencapai angkatan ke-29.

Kategori :