Bintang Muda Barcelona, Lamine Yamal Raih Penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro 2024

Senin 15-07-2024,09:58 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR – Pemain muda Spanyol, Lamine Yamal, mencetak sejarah dengan memenangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik di Euro 2024 setelah menunjukkan penampilan luar biasa sepanjang turnamen.

Penampilannya yang gemilang, termasuk di laga final melawan Inggris, membantu Spanyol meraih gelar juara Eropa untuk keempat kalinya dengan kemenangan 2-1.

Yamal, yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-17 sehari sebelum laga final, menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final Euro atau Kejuaraan Eropa UEFA, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh legenda Brasil, Pelé, sejak 1958.

Pemain muda Barcelona ini berkontribusi besar dalam kemenangan timnya dengan memberikan assist untuk gol pertama Spanyol.

BACA JUGA:Ikut Piala Presiden 2024, Persib Ingin 'Panaskan Mesin' untuk Kompetisi Resmi

"Saya sangat senang dan tidak sabar untuk kembali ke Spanyol dan merayakannya," kata Yamal seperti dikutip dari ESPN. "Ini adalah hadiah ulang tahun terbaik yang pernah saya terima. Sekarang saya ingin merayakannya bersama keluarga saya."

Penampilan Yamal sepanjang turnamen sungguh luar biasa. Ia berhasil mencetak satu gol dan memberikan empat assist, menjadikannya pemain dengan jumlah assist terbanyak dalam satu turnamen Euro sejak pencatatan statistik dimulai pada tahun 1980.

Yamal juga mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang mencetak gol atau memberikan assist di babak perempat final, semifinal, dan final dalam satu edisi Euro.

Pele, yang wafat pada 2022, berusia 17 tahun dan 249 hari ketika bermain di final Piala Dunia 1958 untuk Brasil, di mana dia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 melawan Swedia.

BACA JUGA:Ollie Watkins Waspadai Kekuatan Pemain Spanyol

Ini adalah kali kedua dalam sepekan Yamal melampaui rekor Pele. Pada pertengahan pekan lalu, Yamal menjadi pemain termuda yang bermain di semifinal turnamen tim nasional besar saat Spanyol mengalahkan Prancis. Atas prestasinya itu, Yamal menerima ucapan selamat dari Yayasan Pele.

"Pelé Foundation mengucapkan selamat kepada Lamine Yamal atas pencapaian penting ini dalam kariernya dan berharap ini adalah langkah pertama dari perjalanan panjang dan penuh kemenangan," bunyi ucapan selamat dari yayasan tersebut.

Turnamen Euro 2024 benar-benar menjadi panggung bagi Yamal untuk memecahkan berbagai rekor. Dia mencatatkan dirinya sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Euro saat pertandingan pembuka Spanyol melawan Kroasia dan kemudian mencetak gol di final, menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah turnamen tersebut, ketika membantu timnya meraih kemenangan di semifinal melawan Prancis.

"Kami telah menyaksikan kejeniusan, hasil dari seorang jenius," kata pelatih Spanyol De la Fuente dalam konferensi pers setelah pertandingan melawan Prancis tersebut.

BACA JUGA:Hasil Undian Grup Bulutangkis Olimpiade Paris 2024: Rinov/Pitha dan Apriyani/Siti Fadia Jumpa Unggulan 1

Yamal telah menjadi bagian dari Barcelona sejak usia tujuh tahun dan memulai debutnya di tim utama pada tahun lalu saat usianya baru menginjak 15 tahun. Musim lalu, ketika berusia 16 tahun, ia berpartisipasi dalam 50 pertandingan di semua kompetisi untuk klubnya, mencetak tujuh gol dan memberikan 10 assist.

Penghargaan Pemain Muda Terbaik Euro 2024 ini menegaskan bakat luar biasa Yamal dan memberikan harapan besar bagi masa depan sepak bola Spanyol serta dunia.

 

Kategori :