Pahami Fungsi dan Manfaat Salicylic Acid Untuk Kulit Berjerawat, Simak Lengkapnya!

Kamis 11-07-2024,15:47 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Asam salisilat (salicylic acid) adalah salah satu bahan aktif yang paling umum digunakan dalam perawatan kulit berjerawat.

Dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi berbagai masalah kulit, asam salisilat telah menjadi andalan dalam banyak produk perawatan kulit. Artikel ini akan membahas fungsi dan manfaat asam salisilat untuk kulit berjerawat, berdasarkan sumber yang relevan dan terpercaya.

 

Berikut adalah Fungsi dan Manfaat Salicylic Acid:

 

Inilah Fungsi Asam Salisilat atau salicylic acid untuk kulit berjerawat adalah sebagai berikut:

1. Eksfoliasi

Asam salisilat adalah jenis beta hydroxy acid (BHA) yang larut dalam minyak, yang memungkinkannya menembus ke dalam pori-pori kulit. Fungsi utama asam salisilat adalah sebagai eksfoliator kimia, yang membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Proses eksfoliasi ini penting untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

2. Membersihkan Pori-Pori

Karena sifatnya yang larut dalam minyak, asam salisilat dapat menembus jauh ke dalam pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. Ini membantu membersihkan pori-pori dan mencegah pembentukan komedo (whiteheads dan blackheads), yang merupakan tahap awal jerawat.

3. Anti-Inflamasi

Asam salisilat juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang sering terkait dengan jerawat. Sifat ini membuat asam salisilat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi jerawat inflamasi.

4. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Asam salisilat dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih, yang sering menjadi penyebab utama jerawat. Dengan mengendalikan produksi minyak, asam salisilat membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan perkembangan jerawat.

 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Micellar Water Terbaik Untuk Kulit Berjerawat, Berminyak dan Sensitif, Wajah Auto Glowing!

Kategori :