Ma'ruf Amin Minta Capaja TNI/Polri Aktif Tangani Keluhan Masyarakat

Kamis 11-07-2024,12:15 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2024 untuk menjadi responsif dan proaktif dalam menangani keluhan masyarakat. 

Dalam acara Pembekalan Wakil Presiden RI di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis, Ma'ruf Amin menegaskan pentingnya prajurit TNI/Polri yang peka terhadap masalah di masyarakat dan cepat dalam menangani keluhan warga. 

"Jadilah prajurit TNI/Polri yang responsif dan proaktif di tengah-tengah masyarakat. Peka terhadap masalah yang muncul di lingkungan warga dan cepat menangani segala keluhan masyarakat," ujar Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:Sejumlah Tokoh Jabar Hadiri Rumah Duka Almarhum HR Nuriana di Bandung Barat

Ia berpesan kepada Capaja untuk bertekad mengabdikan diri bagi kepentingan bangsa dan negara, serta terus mengembangkan kemampuan menjadi prajurit TNI dan anggota Polri yang visioner, adaptif, dan mampu bekerja sama untuk mencari solusi terbaik. 

"Kembangkan inovasi, keterampilan, dan kemampuan analisis yang tajam, serta teruslah menjadi pembelajar," ujarnya.

Wapres juga menekankan pentingnya memperkuat disiplin dan integritas diri, serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga, dan Tribata sebagai dasar pengabdian bagi bangsa dan negara. 

"Tingkatkan terus kinerja dan kapasitas diri demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," jelas Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Ungkap Takdir Tidak Bisa Diukur dari Hasil Survei  

Ia mengajak Capaja untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas diri demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan menegaskan bahwa mereka adalah generasi penerus yang akan berperan dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Kelak setelah menyelesaikan pendidikan dan pembelajaran, saudara sekalian diharapkan selalu siap mendedikasikan diri untuk bangsa dan negara dan siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis dan kompleks," tambahnya.

Pengabdian ini, menurutnya, harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, semangat juang tinggi, dan integritas yang kokoh. Ia berharap Capaja selalu siap mendedikasikan diri untuk bangsa dan negara, serta menghadapi berbagai tantangan dinamis dan kompleks.

"Namun, hati tetap berpijak di bumi dan diabdikan untuk mengutamakan rakyat dan menjaga kehormatan institusi," katanya.

BACA JUGA:OJK Optimis Target Penghimpunan Dana Pasar Modal Tahun Ini Tercapai

Wapres meminta para perwira muda TNI/Polri untuk memiliki pengetahuan luas, kemampuan menganalisis dinamika zaman, serta tetap berpijak pada kepentingan rakyat dan menjaga kehormatan institusi. 

Kategori :