Rilis Hari Ini! Berikut Bocoran Spek Samsung Galaxy Z Fold 6

Rabu 10-07-2024,13:56 WIB
Reporter : Vania Ramadhania Suprapto
Editor : Vania Ramadhania Suprapto

Radar Jabar - Dengan jajaran Galaxy S yang kini melampaui pendahulunya, Samsung memiliki ambisi tinggi untuk perangkat lipatnya pada tahun 2024 - Z Flip6 dan Galaxy Z Fold6. Semua rumor menunjukkan bahwa kita akan mendapatkan pembaruan terbesar dari jajaran produk dan model lipat seperti buku akan menjadi bintangnya. Berikut ini adalah apa yang kita ketahui sejauh ini.

Akan Diluncurkan pada 10 Juli

Samsung akan meluncurkan Galaxy Z Fold6 bersama Galaxy Z Flip6, seri Galaxy Watch7 baru, dan Galaxy Ring baru pada 10 Juli. Peluncuran ini melanjutkan tren peluncuran ponsel lipat Galaxy Samsung sebelumnya - Galaxy Z Fold4 hadir pada akhir Agustus, sementara Z Fold5 hadir pada awal Agustus.

Samsung Galaxy Z Fold6 Baru

Galaxy Z Fold6 tampaknya merupakan peningkatan kecil. Tampilannya hampir identik dengan pendahulunya, meskipun rasio aspek layarnya dapat sedikit disesuaikan dan bisa lebih tipis dan ringan. Kami mengharapkan peningkatan pada Snapdragon 8 Gen 3 untuk Galaxy dan kami berharap ini akan menjadi chipset pada semua Galaxy Z Fold6 di seluruh dunia. Mungkin juga akan ada peningkatan kapasitas baterai.

BACA JUGA:Spesifikasi Samsung Galaxy A14, Ponsel Mid-Range dengan Baterai Jumbo

Pengaturan Kamera

Galaxy Z Fold6 kemungkinan akan menggunakan pengaturan kamera yang sama persis dengan Galaxy Z Fold5. Artinya, kamera sudut lebar ISOCELL GN3 50 MP 1/1,56" akan dipadukan dengan kamera zoom 3x 10 MP 1/3,94" dan kamera ultrawide 12 MP 1/3,06". Kamera selfie punch hole 10 MP 1/3", dan kamera selfie bawah layar 16 MP 1/3" melengkapi daftar tersebut.

Galaxy Z Fold6 Ultra Belum Akan Hadir dalam Waktu Dekat

Untuk pertama kalinya, Samsung akan membagi seri Galaxy Z Fold menjadi dua. Sebelumnya tidak jelas apakah kita akan mendapatkan Fold biasa dan Fold yang lebih murah, atau Fold dan Fold Ultra, tetapi tampaknya sekarang sudah jelas bahwa Galaxy Z Fold6 Ultra yang lebih mahal akan segera hadir, tetapi kemungkinan besar akan hadir bersamaan dengan Galaxy S25 pada awal tahun 2025.

Laporan yang paling kredibel menunjukkan Galaxy Z Fold6 Ultra yang lebih tipis dan ringan dengan pengaturan kamera yang lebih baik. Kemungkinan Ultra akan mendapatkan kamera ISOCELL HP2 200MP dari Galaxy S24 Ultra tetapi belum ada informasi mengenai pengaturan kamera lainnya.

Samsung Galaxy Z Fold6: Apa yang Kita Ketahui Sejauh Ini

Rumor lainnya menyebutkan Galaxy Z Fold6 Ultra akan lebih tipis dan ringan. Bobotnya dilaporkan 239g, jauh lebih rendah dari Fold5 yang 253g. Selain itu, Ultra mungkin menggunakan Titanium, seperti pada Galaxy S24 Ultra. Ultra Fold hanya akan memiliki ketebalan 5,6 mm saat dibuka dan 12,1 mm saat dilipat - turun dari 6,1 mm dan 13,4 mm pada Fold5 saat ini.

Galaxy Z Fold6 yang Lebih Murah Tidak Akan Hadir

Selama ini, kami mendengar rumor tentang Galaxy Z Fold6 FE yang harganya jauh lebih murah daripada Z Fold5 yang sedang beredar. Ini sepertinya tidak mungkin.

Desain Baru dengan Bingkai Lebih Tipis dan Tampilan Penutup Lebih Lebar

Samsung sedikit mengubah desain Galaxy Z Fold setiap tahun, tetapi terlalu konservatif dan akhir-akhir ini tertinggal dari pesaingnya. Tahun lalu, kita mendapatkan ponsel dengan penutup datar dengan rasio aspek yang sedikit melebar. Tahun ini, kita mendengar perubahan yang lebih substansial. Kita sudah menyebutkan rangka yang lebih tipis, yang diharapkan dapat mengakomodasi Galaxy Z Fold6 yang dilipat 11mm.

Render awal menunjukkan perangkat yang hampir identik dengan Galaxy Z Fold5 tetapi dengan sisi yang lebih datar dan tajam. Render tersebut juga disertai dimensi - 153,5 x 132,5 x 6,1 mm. Itu lebih kecil beberapa mm dari laporan lain yang lebih baru tentang ketebalan 5,6 mm saat dibuka. Render CAD menampilkan kembali profil 6,1 mm, tetapi bisa jadi ada perbedaan pada model - Z Fold6 vs Z Fold6 Ultra.

BACA JUGA:7 HP Samsung Galaxy A Series Turun Harga Cukup Dalam Pada Juli 2024

Tampilan Layar

Laporan yang sama menyebutkan bahwa tampilan sampul akan menjadi sedikit lebih konvensional - akan menjadi unit 6,3" 22:9, dibandingkan dengan Fold5 yang berukuran 6,2" 23,1:9. Diperkirakan tampilan bagian dalam akan mempertahankan diagonal 7,6".

Kesimpulan

Samsung Galaxy Z Fold6 hadir dengan sejumlah pembaruan yang diantisipasi, termasuk peningkatan pada prosesor Snapdragon 8 Gen 3 dan mungkin peningkatan kapasitas baterai. Desainnya yang lebih tipis dan ringan serta pengaturan kamera yang dipertahankan dari pendahulunya menambah daya tarik bagi para penggemar teknologi. Dengan peluncuran yang dijadwalkan pada 10 Juli, kita akan segera mengetahui lebih banyak tentang perangkat lipat terbaru ini dan bagaimana ia bersaing dengan model-model sebelumnya serta pesaingnya di pasar.

Kategori :