10 Hewan yang Dijamin Akan Masuk Surga, Kucing Termasuk?

Kamis 20-06-2024,09:51 WIB
Reporter : Eka Nuryanti Dewi
Editor : Eka Nuryanti Dewi

RADAR JABAR - Dalam Islam, manusia akan ditempatkan di surga atau neraka berdasarkan amal ibadahnya selama hidup di dunia.

Surga menjadi tempat yang diidam-idamkan oleh setiap orang beriman. Namun, tahukah kamu bahwa tidak hanya manusia yang bisa masuk surga?

Terdapat hewan-hewan tertentu yang dijanjikan oleh Allah SWT akan masuk surga. Berikut penjelasan tentang 10 hewan tersebut berdasarkan kitab-kitab sirah dan tarikh.

 

  1. Buraq Tunggangan Rasulullah SAW

Buraq adalah hewan yang menjadi kendaraan Rasulullah SAW saat Isra Miraj, sebuah perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha dalam satu malam.

  1. Unta Nabi Shaleh

Unta ini memiliki keistimewaan sebagai mukjizat yang dikeluarkan dari batu oleh Nabi Shaleh. Unta tersebut juga sedang hamil, menambah keajaiban dari mukjizat ini.

  1. Anak Sapi Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim pernah menjamu tiga tamu dengan hidangan anak sapi panggang. Tamu-tamu tersebut adalah malaikat yang memberi kabar bahwa Nabi Ibrahim akan segera memiliki anak. Anak sapi yang disembelih tersebut diberi ganjaran masuk surga karena tidak dimakan oleh para malaikat.

  1. Kambing Gunung Nabi Ismail

Allah SWT menggantikan Nabi Ismail yang hendak dikorbankan oleh Nabi Ibrahim dengan seekor kambing yang gemuk. Kambing tersebut kemudian disembelih sebagai persembahan.

 

BACA JUGA:Makna Sapi Liar di India hingga Dibiarkan Berkeliaran, Picu Konflik dan Wabah Kelaparan

 

  1. Burung Hud-Hud Ratu Bilqis

Burung hud-hud adalah burung yang membawakan berita kebenaran kepada Nabi Sulaiman. Burung ini juga disebut dalam Al-Quran.

  1. Anjing Ashabul Kahfi

Anjing ini menemani Ashabul Kahfi, sekelompok pemuda yang tertidur di dalam gua selama ratusan tahun sebagai tanda kekuasaan Allah.

  1. Ikan yang Menelan Nabi Yunus

Ikan ini menjadi perantara Allah SWT untuk menyelamatkan Nabi Yunus saat berada di lautan lepas setelah ditolak oleh kaumnya, Ninawa.

  1. Semut Nabi Sulaiman

Semut-semut ini berbicara dengan Nabi Sulaiman dan terkesan dengan kekuasaan pasukannya, sehingga semut-semut tersebut diabadikan dalam Al-Quran.

  1. Sapi Betina Bani Israil
Kategori :