7 Jenis Tabungan Penting untuk Hidup Sejahtera di Masa Depan

Selasa 11-06-2024,13:17 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR – Terdapat 7 jenis tabungan penting yang harus Anda miliki dalam hidup, tidak melulu soal tabungan uang. Banyak orang memiliki impian besar tetapi gagal meraihnya. Banyak anak putus sekolah karena orang tua mereka tidak mampu membiayai pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Ada juga orang yang bercerai dan keluarganya berantakan karena masalah ekonomi. Banyak orang terpaksa bekerja hingga tua karena tidak memiliki dana pensiun.

Bahkan, beberapa mengalami kehilangan orang yang dicintai karena tidak dapat membayar perawatan terbaik saat mereka sakit atau mengalami kecelakaan.

Uang bukanlah segalanya, namun saat ini, segalanya membutuhkan uang. Uang tidak dapat membeli kebahagiaan, namun dengan uang, lebih mudah mewujudkan kebahagiaan.

Tom Corley, seorang perencana keuangan bersertifikat dan akuntan publik yang juga penulis buku terlaris "Rich Habits", melakukan penelitian selama lima tahun dengan mewawancarai 233 orang kaya yang memiliki penghasilan minimal 160.000 dolar per tahun dan aset minimal 3,2 juta dolar.

Dari hasil survei tersebut, 88% jutawan yang diwawancarai menyatakan bahwa menabung sangat penting untuk kebahagiaan dan kesuksesan finansial jangka panjang.

BACA JUGA:Tingkatkan Inklusivitas, Bank Mandiri Buka 10.000 Rekening Tabungan bagi Penyandang Disabilitas

Untuk meraih impian dan memberi kebahagiaan kepada orang yang kita cintai, kita harus mampu mengatur keuangan dan mulai menabung agar terhindar dari berbagai kesulitan yang dialami banyak orang.

Memulai kebiasaan menabung mungkin tidak mudah pada awalnya. Mungkin kita kurang disiplin atau lebih memilih menghabiskan uang untuk hiburan daripada menabung. Namun, kita harus bersedia belajar menabung dan melawan godaan untuk konsumtif.

7 Tabungan Penting dalam Hidup

Berikut adalah 7 jenis tabungan paling penting dalam hidup untuk kesejahteraan ekonomi di masa depan.

1. Tabungan Impian

Impian besar dalam hidup kita memiliki dua jenis, yang pertama adalah impian-impian kecil. Ini adalah hal-hal yang kita inginkan dan mudah diwujudkan dari penghasilan bulanan kita, seperti makan di restoran, membeli handphone, dan sebagainya.

Yang kedua adalah impian-impian besar, seperti memiliki rumah impian, mobil impian, berlibur ke luar negeri, dan memberikan yang terbaik kepada orang-orang yang kita cintai. Jika kita hanya fokus pada impian-impian kecil dan menghabiskan uang untuk itu, kita tidak akan pernah bisa mewujudkan impian-impian besar kita.

2. Tabungan Pendidikan

Agar kita dapat mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak kita, seringkali kita terlalu terperosok dalam rutinitas sehingga lupa bahwa anak-anak kita terus bertumbuh, membesar, dan semakin membutuhkan pendidikan yang layak.

Terutama jika memiliki banyak anak, biaya pendidikan cenderung meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mulai menabung sejak dini guna mempersiapkan dana yang cukup saat anak-anak memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tabungan pendidikan sangat diperlukan untuk mengurangi tekanan finansial ketika saatnya membayar biaya sekolah atau kuliah, terutama pada tahun-tahun awal masuk SD, SMP, SMA, dan universitas.

Kategori :