Yuk Amalkan, 6 Amalan Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Adha

Kamis 06-06-2024,13:37 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، والله أكبر الله أكبر ولله الحمد\text{الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، والله أكبر الله أكبر ولله الحمد}الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، والله أكبر الله أكبر ولله الحمد

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaaha illallah, wa Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillaahil-hamd."

6. Berangkat ke Tempat Shalat

Disunnahkan untuk berangkat ke tempat shalat Idul Adha lebih awal agar dapat mengikuti takbir bersama-sama.

Selain itu, disunnahkan untuk berjalan kaki jika memungkinkan dan melalui rute yang berbeda saat pergi dan pulang.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Jabir bin Abdullah, “Nabi SAW saat hari raya berbeda jalan saat pergi dan pulangnya.” (HR. Bukhari).

Amalan Sunnah Sesudah Shalat Idul Adha

1. Mendengarkan Khotbah

Setelah selesai melaksanakan shalat Idul Adha, disunnahkan untuk tetap tinggal dan mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh imam.

Khotbah ini biasanya berisi nasihat, pengingat tentang makna Idul Adha, serta ajakan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

2. Melaksanakan Ibadah Kurban

Salah satu amalan utama pada Hari Raya Idul Adha adalah melaksanakan ibadah kurban. Menyembelih hewan kurban seperti kambing, sapi, atau unta merupakan sunnah muakkadah bagi yang mampu.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada amalan yang dilakukan oleh anak Adam pada hari raya Adha yang lebih dicintai oleh Allah selain menyembelih hewan kurban." (HR. Tirmidzi).

3. Membagikan Daging Kurban

Setelah menyembelih hewan kurban, dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima, yaitu fakir miskin, tetangga, dan kerabat.

Dianjurkan untuk menyimpan sebagian daging kurban untuk diri sendiri dan keluarga. Pembagian ini sebagai bentuk solidaritas dan kebersamaan dalam merayakan Idul Adha.

4. Mengunjungi Kerabat dan Tetangga

Setelah shalat dan penyembelihan kurban, disunnahkan untuk saling mengunjungi kerabat, tetangga, dan teman-teman.

Hal ini untuk mempererat tali silaturahmi dan menyebarkan kebahagiaan hari raya. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga dan sesama.

BACA JUGA:Niat Sholat Idul Adha Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

5. Memperbanyak Doa dan Zikir

Hari Raya Idul Adha adalah waktu yang penuh berkah, sehingga sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa dan zikir.

Memohon ampunan, rahmat, dan kebaikan dari Allah SWT pada hari yang mulia ini sangat dianjurkan. Zikir yang bisa dilakukan antara lain takbir, tahmid, tahlil, dan istighfar.

6. Menjaga Kebersihan Tempat Penyembelihan

Kategori :