Rekomendasi 7 Camilan Khas Bandung Paling Harus Dicoba, Sangat Enak dan Terkenal

Senin 03-06-2024,20:08 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

 

  1. Colenak

Colenak berasal dari singkatan ‘dicocol enak’. Makanan khas Bandung bercita rasa manis tersebut sudah mendunia, bahkan pernah disajikan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung pada 1955.

 

Soal bahan pembuatannya, colenak terbuat dari tape singkong (peyeum) yang dibakar. Kudapan khas Sunda ini dihidangkan dengan siraman campuran air gula jawa serta parutan kelapa.

 

BACA JUGA:Resep dan Cara Membuat Sambal Cumi Viral Super Gampang

 

  1. Combro

Masih makanan dengan nama dari singkatan, kali ini ada combro oncom dijero, yang dalam bahasa Indonesia bermakna oncom di dalamnya. Hidangan ini terbuat dari parutan singkong kemudian diisi oncom, sedangkan cara masaknya digoreng sampai kecokelatan.

 

Combro sering dijadikan makanan pendamping lauk dan nasi karena rasanya gurih. Meski begitu, hidangan ini enak juga sebagai camilan dimakan bersama gorengan lainnya.

 

  1. Surabi

Rasanya gak lengkap kalau datang ke Bandung tanpa mencicipi surabi. Makanan tradisional Bandung satu ini bisa dibilang timeless karena selalu menjadi hidangan favorit berbagai kalangan: tua maupun muda.

 

Surabi terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan santan, yang dimasak dengan cara dibakar. Memasaknya pun masih secara tradisional dengan memakai cetakan berbahan tanah liat.

 

Ada dua varian rasa surabi, manis dan asin, dengan paling legendaris adalah oncom dan manis kuah gula merah. Sementara kini seiring perkembangan zaman, mulai banyak pilihan rasanya seperti cokelat, keju, hingga durian.

Kategori :