Pemkot Cirebon Berangkatkan Rombongan Pertama Calon Haji Tergabung Dalam Kloter 15 Melalui Bandara Kertajati

Jumat 24-05-2024,20:06 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, memberangkatkan rombongan pertama calon haji dari daerah tersebut yang tergabung dalam kloter 15, menuju tanah suci melalui Bandara Kertajati pada Sabtu (25/5).

Penjabat Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, pada hari Jumat di Cirebon mengatakan bahwa dalam rombongan tersebut terdapat 402 calon haji yang kini sedang menuju Asrama Haji Indramayu untuk sementara waktu.

Selama di fasilitas tersebut, para jamaah akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dan pengecekan dokumen keimigrasian.

“Seluruh calon haji dari Kota Cirebon berangkat ke embarkasi di Indramayu untuk bermalam. Kemudian diberangkatkan pukul 11.00 WIB melalui Bandara Kertajati,” kata Agus.

Dia menguraikan bahwa dalam kelompok tersebut terdapat sekitar delapan petugas haji yang bersedia memberikan bantuan dan pendampingan kepada jamaah untuk menjalani ibadah haji dengan optimal.

 

BACA JUGA: 10 Ribu Calon Jamaah Haji Indonesia Tiba di Makkah, PPIH Pastikan Kebutuhan Konsumsi Terpenuhi

 

Agus menyarankan agar para petugas haji memberikan perhatian ekstra kepada calon haji yang sudah lanjut usia, karena seluruh proses ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan prima.

“Kalau ada pendampingnya akan lebih mudah untuk bisa menjadi jembatan saat ibadah haji. Petugas haji ini merupakan wakil dari pemerintah untuk memberikan pelayanan langsung kepada setiap calon haji,” katanya.

Ia menegaskan bahwa semua calon haji dari Kota Cirebon telah dinyatakan sehat dan dapat berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan otoritas terkait.

Selain itu, dia mengajak para calon haji untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, karena iklim dan budaya sosial di Makkah, Arab Saudi, berbeda dengan di Indonesia.

Pihaknya berharap agar semua anggota jamaah dapat pulang dengan selamat dan menjadi haji yang diterima dengan baik oleh Allah. 

 “Yang terpenting dalam pelaksanaan ibadah haji adalah rasa kekeluargaan. Jangan sungkan untuk saling membantu dan mengikuti arahan dari petugas haji,” katanya.

Kategori :