Resep Bolu Gulung Tanpa Oven, Lezat dan Gampang Dibuat

Senin 19-02-2024,15:24 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

Masukkan telur dan gula pasir ke dalam mangkuk besar. Kocok telur dan gula dengan mixer atau garpu hingga mengembang dan berwarna putih mengkilap.

Proses ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit hingga telur mengembang.

3. Campur Adonan

Setelah telur dan gula tercampur dengan baik, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga semua tepung terigu tercampur rata.

Tuangkan susu cair dan mentega cair ke dalam adonan, lalu aduk perlahan hingga tercampur sempurna. Tambahkan pasta vanila dan aduk kembali hingga merata.

4. Persiapan Loyang atau Wajan Datar

Panaskan loyang atau wajan datar di atas kompor dengan api kecil. Olesi permukaan loyang atau wajan datar dengan sedikit mentega cair atau minyak sayur menggunakan kain bersih atau serbet dapur.

5. Mengkukus Bolu

Tuangkan adonan bolu ke dalam loyang atau wajan datar yang sudah dipanaskan dan diolesi. Tutup loyang atau wajan datar dengan penutup atau tutupkan kain bersih di atasnya.

Kukus adonan bolu dengan api kecil selama sekitar 15-20 menit atau hingga matang. Anda dapat memeriksa kematangan bolu dengan menusukkan tusuk gigi di tengahnya, jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

6. Gulung Bolu

Setelah bolu matang, angkat loyang atau wajan datar dari kompor. Letakkan bolu di atas kain bersih dan gulung bolu bersama dengan kain bersihnya

Biarkan bolu gulung dalam kain bersih selama beberapa menit untuk mendingin dan membentuk bentuk gulungan yang baik.

7. Isi Bolu (Opsional)

Jika Anda ingin memberi isi pada bolu gulung, buka kain bersihnya dan oleskan selai atau krim favorit Anda di atasnya.

Gulung kembali bolu dengan hati-hati dan simpan di dalam kulkas selama beberapa jam untuk membuat isi menjadi lebih padat.

BACA JUGA:4 Resep Chiffon Cake yang Lembut dan Anti Gagal

Tips Tambahan

1. Pastikan api kompor dalam keadaan kecil agar bolu tidak gosong atau matang tidak merata.

2. Gunakan loyang atau wajan datar yang tidak lengket atau olesi permukaannya dengan sedikit mentega cair atau minyak sayur untuk mencegah adonan bolu menempel.

3. Anda dapat menambahkan bahan tambahan seperti cokelat bubuk atau buah-buahan ke dalam adonan bolu untuk variasi rasa.

Kategori :