Cara Membuat Kue Soes yang Simpel, Gampang Dibuat dan Rasanya yang Menggoda Selera

Jumat 09-02-2024,23:00 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Kue soes adalah salah satu camilan yang sangat disukai oleh banyak orang. Rasanya yang lembut dan isiannya yang krim membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk acara-acara spesial atau sekadar dinikmati sebagai camilan sehari-hari.

Meskipun terlihat rumit, sebenarnya membuat kue soes tidaklah terlalu sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan cermat.

 

Berikut adalah panduan membuat kue soes yang lezat dan menggugah selera:

 

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 250 ml air
  • 100 gram margarin
  • 125 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • Sejumput garam
  • Isian krim (bisa menggunakan krim vla atau krim kocok)
  • Instruksi Pembuatan:

    1. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum memulai proses pembuatan kue soes. Siapkan loyang yang telah diolesi margarin atau dialasi kertas roti.

    2. Panaskan air dan margarin dalam panci dengan api sedang hingga margarin meleleh sepenuhnya.

    3. Setelah margarin meleleh, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tercampur rata. Pastikan tidak ada gumpalan tepung.

     

    BACA JUGA: 3 Kue yang Wajib dan Selalu Ada di Perayaan Hari Imlek, Ciri Khasnya Imlek

     

    4. Setelah adonan kalis dan tercampur rata, angkat panci dari kompor dan biarkan adonan sedikit mendingin.

    5. Setelah adonan agak dingin, tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga telur benar-benar tercampur dengan baik dalam adonan. Pastikan adonan menjadi kental dan mengkilat.

    6. Setelah adonan tercampur dengan baik, pindahkan adonan ke dalam piping bag yang telah dipasangi spuit berbentuk bulat untuk memudahkan Anda dalam membuat bentuk-bentuk soes.

    7. Semprotkan adonan pada loyang dalam bentuk bulatan dengan jarak yang cukup antara satu dengan yang lain. Pastikan tidak ada udara yang terperangkap di dalam adonan. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 200 derajat Celsius selama sekitar 25-30 menit atau hingga soes matang dan berwarna keemasan.

    8. Setelah matang, angkat soes dari oven dan dinginkan pada suhu ruangan. Jangan langsung diambil dari loyang agar tidak merusak bentuknya.

    Tags : #kue soes
    Kategori :