12 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kita Tidak Disukai Orang Lain

Senin 22-01-2024,12:43 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 99,9% orang tidak menyukai teman yang tidak pernah mengeluarkan uang sepeser pun untuk dirinya sendiri. Perlu diingat, ketika nongkrong dengan sekelompok orang, sebaiknya membayar sendiri segala sesuatu yang dikonsumsi.

Uang adalah hal yang sensitif, dan tidak ada yang ingin merasa dimanfaatkan. Jangan membuat orang lain berpikir bahwa kamu hanya memanfaatkan atau mengharapkan mereka untuk mentraktirmu. Jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk mengikuti gaya hidup teman-temanmu, kurangi frekuensi nongkrong bersama mereka.

7. Terlalu Banyak Menceritakan Masalahmu

Menceritakan masalah pribadi kepada seseorang yang baru dikenal memang baik untuk menjadi terbuka dan mencurahkan pikiran serta perasaan. Namun, hindarilah menceritakan seluruh masalahmu secara terlalu cepat dan berlebihan kepada orang yang baru kamu kenal.

Tunggu hingga kamu membangun ikatan yang lebih erat dengannya. Terlalu banyak mengeluh kepada individu yang baru dikenal dapat membuat mereka berpikir bahwa kamu hanya memanfaatkan mereka. Berbagi masalah sebaiknya hanya dengan orang-orang yang peduli, bersedia mendengarkan, dan mau memberikan solusi atas persoalanmu.

8. Tidak Mampu Mengontrol Emosi

Beberapa tanda ketidakstabilan emosi termasuk membentak orang lain, menghancurkan barang-barang, dan perilaku ekstrim lainnya saat dikuasai amarah. Perilaku semacam ini menunjukkan ketidakmampuan untuk dipercaya dan tingkat kecerdasan emosional yang rendah.

BACA JUGA:8 Kebiasaan Wanita yang Harus Dihilangkan, Apakah Kebiasaan Kamu Termasuk?

Bertindak kasar pada orang lain saat marah membuatmu terlihat buruk. Orang tidak suka berada di sekitar individu yang tampak tidak dapat diprediksi dan emosinya tidak stabil, terlepas seberapa besar kemarahan yang dirasakan.

9. Berpikiran Tertutup

Orang tidak suka berbicara dengan individu yang tidak mau memahami sudut pandang sesamanya dan menganggap bahwa dirinya selalu benar. Berpikiran terbuka serta mau mendengarkan pendapat orang lain adalah sifat yang sangat disukai. Jadi, jangan terlalu cepat menghakimi orang atau selalu berusaha menunjukkan betapa salahnya mereka.

Meskipun kamu tidak harus setuju dengan pemikiran orang lain, jika kamu bersedia mendengarkan dan benar-benar mencoba memahami mengapa mereka memegang teguh opini mereka, mereka akan sangat menghargaimu.

10. Memasang Foto Profil yang Terlalu Dekat dengan Wajahmu

Dalam layanan online, seperti sosial media, kamu dapat mengunggah foto profilmu agar orang lain dapat mengenalmu atau melihat penampilanmu. Namun, memasang foto profil yang jaraknya terlalu dekat dengan wajahmu memiliki beberapa kelemahan.

Tidak hanya menunjukkan ketidaksempurnaan kecil yang tidak ingin kamu perlihatkan, tetapi juga membuatmu tampak kurang dapat dipercaya. Penelitian menunjukkan bahwa orang merasa tidak nyaman ketika individu yang belum mereka percayai berada terlalu dekat dalam foto. Pada dasarnya, kita tidak suka wajah atau foto wajah yang terlalu dekat karena bersifat invasif dan mengancam.

BACA JUGA:10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal, Banyak Orang Tidak Menyadarinya

11. Terlalu Banyak Berbagi di Sosial Media

Studi menunjukkan bahwa orang yang terlalu banyak berbagi tentang kehidupan mereka di media sosial cenderung melakukannya untuk mendapatkan pengakuan yang tidak mereka dapatkan di dunia nyata. Mereka suka mencari perhatian dengan harapan disukai, namun tindakan ini justru membuat orang lain tidak menyukai mereka.

Bayangkan jika seseorang terus-menerus memberitahumu setiap detail kecil dari kehidupan sehari-hari mereka; pasti membuatmu merasa tidak nyaman. Meskipun media sosial memungkinkanmu untuk mengekspresikan diri dan menyampaikan informasi yang bermanfaat, perlu berhati-hati dalam melakukannya.

12. Sering Membatalkan Rencana

Bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang selalu membatalkan rencana yang telah dibuat? Tentu cukup menjengkelkan, bukan? Jika kamu memiliki kebiasaan ini, sadarilah dampaknya pada orang lain. Meskipun terkadang ada hal mendadak yang dapat menghalangi seseorang untuk memenuhi janjinya, terus-menerus membatalkan rencana dapat membuat orang malas membuat rencana denganmu.

Mereka mungkin berpikir bahwa kamu tidak menganggap mereka penting. Oleh karena itu, luangkan waktu bersama orang yang kamu cintai dan hargai. Menunjukkan bahwa kamu menyukai, menghargai, dan menghormati orang lain adalah cara terbaik untuk membuat orang menyukaimu.

Kategori :