7 Minuman Hangat yang Cocok Dikonsumsi untuk Menghadapi Musim Hujan

Senin 15-01-2024,10:45 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar – Musim hujan bisa menjadi momen yang tidak bersahabat untuk manusia. Selain membuat suhu dingin sehingga tubuh menggigil, penyakit pun berdatangan tanpa ‘diundang’.

 

Oleh karena itu banyak cara dilakukan oleh manusia agar menjaga kesehatan mau pun suhu tubuhnya. Salah satunya dengan meminum minuman hangat agar kehangatan tubuh terjaga selalu sekaligus mendapat manfaat dari minumannya.

 

Bagi yang butuh rekomendasi minuman terbaik untuk menghadapi musim tersebut, berikut adalah beberapa minuman hangat yang cocok saat cuaca hujan.

 

1. Wedang Jahe

Wedang jahe adalah minuman tradisional dari daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, Indonesia, yang umumnya disajikan hangat atau panas. Minuman ini dibuat dengan cara menggodok jahe dalam air mendidih dan air godokannya yang diberi tambahan gula, susu, rempah-rempah, atau bahan lain sesuai selera.

 

Wedang jahe memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti menghangatkan tubuh, meredakan mual, dan memiliki sifat antiinflamasi.

 

2. Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda, berasal dari Jawa Barat, Indonesia. Minuman ini terbuat dari campuran gula aren, santan, dan kadang-kadang ditambahkan jahe, kopi, dan remah roti tawar.

 

Bajigur disajikan panas-panas dan seringkali dijual melalui gerobak penjual keliling di desa-desa. Minuman ini dianggap cocok dikonsumsi di dataran tinggi yang sejuk, atau saat malam dingin serta hujan untuk menghangatkan diri.

 

Minuman ini juga diyakini memiliki khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya untuk menurunkan hipertensi.

 

3. Bandrek

Bandrek adalah minuman yang berasal dari Sunda dan memiliki komposisi utama berupa jahe yang dibakar, gula merah, gula pasir, cengkeh, kayu manis, dan daun pandan. Bandrek juga dapat disajikan dengan susu kental manis, memberikan sensasi hangat yang nyaman di badan dan tenggorokan.

 

Bandrek sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin seperti musim hujan karena dapat membantu menghangatkan tubuh dan memberikan rasa nyaman.

 

4. Liang Teh

Liang Teh adalah minuman tradisional China yang dapat ditemui di Indonesia dan seringkali ditemukan di restoran bergaya China serta keliling di beberapa wilayah. Ini adalah minuman untuk menghangatkan tubuh yang berasal dari China. Terbuat dari bahan kayu manis cina, alang-alang, serta bunga krisantemum.

 

Liang Teh juga bebas dari kafein dan kaya akan vitamin C, sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman hangat saat musim hujan. Namun, penting untuk memperhatikan kebersihan dan komposisi pembuatan saat mengkonsumsi Liang Teh instan untuk menjaga khasiat dan manfaatnya.

 

5. Teh Jahe

Minuman hangat yang bisa dibuat sendiri secara praktis di rumah saat hujan tiba-tiba datang. Diketahui, jahe memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti membantu menjaga sistem imun, mengatasi masalah pencernaan, hingga mengurangi rasa mual.

 

6. Ronde

Wedang ronde terbuat dari bola-bola ketan (ronde) yang dicampur jahe, daun pandan, dan sirup gula aren. Resep wedang ronde biasanya menggunakan tepung ketan, air, daun pandan, jahe, gula jawa, dan kacang tanah.

 

Bola-bola ketan tersebut direbus dalam air hingga mengapung, kemudian ditambahkan ke dalam sirup jahe dan gula aren. Wedang ronde adalah minuman yang menenangkan dan nikmat yang cocok untuk menghangatkan badan di saat hujan.

 

7. STMJ

STMJ adalah minuman tradisional Indonesia yang direkomendasikan untuk diminum saat musim hujan demi menghangatkan tubuh. STMJ terdiri dari susu, kuning telur, madu, dan jahe.

 

Cara membuat STMJ adalah dengan mengocok kuning telur dan madu hingga tercampur merata, lalu mencampur susu dan cokelat bubuk, merebus sebentar, menyaring, dan menuangkan ke dalam gelas. Kemudian, mencampurkan campuran susu dan cokelat bubuk bersama campuran kuning telur dan madu, dan mengaduknya.

 

STMJ memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh karena adanya kandungan gingerol dalam jahe.

Tags :
Kategori :

Terkait