Menyelusuri Kelezatan 8 Kuliner Swedia dengan Keunikan Makanan Khas yang Terkenal

Sabtu 16-12-2023,10:03 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Kuliner Swedia memiliki pesona tersendiri dengan ragam hidangan yang lezat dan khas. Dari hidangan gurih hingga pencuci mulut yang manis.

Swedia menawarkan berbagai macam makanan yang mencerminkan kekayaan warisan kuliner mereka. Mari kita jalan-jalan melalui beberapa hidangan Swedia yang terkenal dan layak dicoba.

1. Swedish Meatball

Swedish Meatball atau "Köttbullar" merupakan hidangan klasik yang tak terpisahkan dari kuliner Swedia. Dibuat dari campuran daging sapi dan babi yang dipadu dengan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan saus krim dan selai lingonberry.

Perpaduan rasa gurih dan sedikit manis membuatnya menjadi favorit di kalangan warga setempat maupun pengunjung.

2. Cinnamon Roll

Tidak ada istirahat kopi (fika) yang lengkap tanpa Cinnamon Roll, atau yang dikenal sebagai "Kanelbulle." Roti manis yang berisi campuran kayu manis dan gula ini sering disajikan bersama kopi atau teh.

Aroma harum Cinnamon Roll yang baru dipanggang di toko roti Swedia adalah sesuatu yang tak bisa dilewatkan.

3. Gravlax atau Lravad Lax

Bagi pecinta seafood, Gravlax adalah hidangan Swedia yang wajib dicoba. Terbuat dari salmon mentah yang diasinkan dengan campuran garam, gula, dan dill.

Biasanya disajikan dengan saus mustard manis, Gravlax memberikan pengalaman rasa laut yang memikat dengan keseimbangan cita rasa yang sempurna.

4. Halv Special

Manjakan lidah Anda dengan Halv Special, sejenis puding cokelat yang umumnya disajikan dengan krim. Tekstur kaya dan lembut membuatnya menjadi pencuci mulut yang lezat bagi mereka yang gemar cita rasa cokelat.

5. Palt

Palt adalah pangsit khas Swedia yang terbuat dari kentang mentah yang diparut dan diisi dengan beragam isian, seperti daging.

Hidangan tradisional ini mencerminkan kreativitas dan keberagaman kuliner Swedia, memberikan hidangan yang gurih dan memuaskan.

 

BACA JUGA:10 Makanan Khas Meksiko dengan Kelezatan yang Menggoda dan Harus Dicoba

 

6. Pyttipanna

Sebagai hidangan klasik kenyang, Pyttipanna terdiri dari potongan kentang dan daging cincang, biasanya disajikan dengan telur dadar di atasnya.

Kategori :