5 Cara Agar Tidak Dipandang Rendah Oleh Orang Lain

Selasa 12-12-2023,11:25 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR – Untuk kamu yang sedang merasa rendah diri atau insecure, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan agar tidak dipadang rendah oleh orang lain.

Manusia terbaik bukanlah yang memiliki sejuta bakat, melainkan manusia yang bisa menghargai manusia lainnya sesuai nilai yang ia terima.

Memandang rendah orang lain tidak akan membuatmu terlihat semakin tinggi, justru malah mengecilkan kualitas dirimu di mata banyak orang.

Bagaimanapun status ekonomi dan sosialmu, orang-orang akan tetap menghargaimu jika kamu bisa menghargai apa yang terjadi pada orang-orang yang ada di sekitarmu.

5 Cara Agar Tidak Dipandang Rendah

Jika kamu masih bingung bagaimana cara agar dihargai dan dipandang rendah oleh orang lain, pahami 5 hal ini agar kehidupanmu semakin tentram.

1. Jangan Terlalu Banyak Bicara

Semakin banyak berbicara, semakin banyak kesalahan dan kebohongan yang muncul dari mulut kita. Bicara berlebihan membuat perilaku kita mudah diprediksi dan dinilai oleh orang lain. Semakin banyak bicara, semakin sedikit ruang untuk mendengar orang lain.

BACA JUGA:5 Pelajaran yang Terlambat Kita Pelajari Dalam Hidup

Kesempatan untuk mendapatkan wawasan baru dari orang lain mungkin terlewatkan karena kita terlalu sibuk berbicara.

Diam sejenak dapat memberikan kesempatan untuk menerima input positif dari orang lain. Orang bijak dikenal sebagai mereka yang hemat kata-kata. Jika berbicara, mereka cenderung fokus pada inti pokok tanpa berlebihan. Sebaliknya, orang yang suka membual sering diidentifikasi dengan kebiasaan bicara berlebihan.

Allah menciptakan dua telinga dan satu mulut untuk mengajarkan bahwa kita seharusnya lebih banyak mendengar daripada berbicara. Keselamatan seseorang terletak pada kemampuan menjaga lidahnya, sementara akalnya ditempatkan di depan lidah untuk merangsang pemikiran sebelum berbicara.

Oleh karena itu, berhati-hati dengan orang yang jarang berbicara; mereka mungkin memiliki pengetahuan lebih banyak dari kita, namun memilih untuk tetap diam sebagai bentuk penghormatan.

Puncak adab seseorang adalah mendengarkan dan memberikan ruang kepada orang lain untuk berbicara, bahkan jika mereka lebih mengetahui suatu hal.

Ini merupakan wujud penghargaan terhadap individu tersebut. Seiring dengan itu, kita sebaiknya selalu berpikir dua kali sebelum berbicara, mengingat bahwa kata-kata kita memiliki kekuatan dan dampak yang besar.

2. Selalu Menghargai Orang Lain, Siapapun Orang Itu

Menghargai orang lain berarti menerima pandangan dan waktu yang dimilikinya, serta menghormati batasan privasi yang dimiliki oleh setiap individu.

Cara menghargai orang lain dapat diwujudkan dengan selalu memahami posisi kita dalam situasi tertentu, menunjukkan respek dan kepedulian, serta memahami kapan waktu yang tepat untuk bersikap serius atau bercanda.

Kategori :