9 Tips Bekerja Ketika Sedang Bad Mood, Biar Tetap Fokus dan Profesional!

Sabtu 18-11-2023,10:42 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar – Dalam dunia pekerjaan, seseorang tentu akan selalu dituntut untuk profesional ketika bekerja di kondisi apa pun. Hal ini juga berlaku apabila orang tersebut sedang dilanda suasana hati buruk atau biasa dikenal dengan sebutan bad mood.

 

Ya, suasana hati yang tidak membuat semangat dan sebaliknya menyebabkan perasaan malas bisa terjadi kepada siapa saja dan di mana saja. Ketika situasi ini menimpa setiap orang maka dampaknya adalah jadi mengganggu aktivitas harian mereka.

 

Beberapa orang pun tidak jarang merasakan bad mood kala sedang mengerjakan tugas atau pekerjaannya padahal ada kewajiban profesionalisme di sana. Saat suasana mood buruk, bekerja bisa menjadi sulit dan tidak produktif.

 

Orang yang dilanda bad mood menjadi terlalu kepikiran dengan suasana hatinya, kehilangan fokus, dan mengesampingkan hal-hal yang jauh lebih penting seperti pekerjaan. Meski begitu, masih ada beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan mood dan tetap fokus saat bekerja.

 

BACA JUGA:10 Camilan untuk Merubah Mood Jelek Menjadi Bagus Seketika

 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian coba praktikan saat bekerja dalam kondisi bad mood seperti dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Berhenti Mengeluh

Mengeluh hanya akan memperkeruh suasana hati dan membuat mood semakin buruk. Sebaliknya, ingatlah selalu hal positif dan bersyukur supaya bisa mengurangi perasaan tidak enak dalam diri Anda.

 

Mulailah segera bekerja lagi jika suasana hati sudah membaik agar fokus dalam mengerjakan kewajibanmu.

 

2. Cari Tahu Penyebabnya

Saat merasa mood buruk, cari tahu apa yang menyebabkannya. Misalnya, terlambat masuk kerja karena macet atau masalah pribadi. Dengan mengetahui penyebabnya, kita dapat mencari solusi dan mengatasi masalah tersebut.

 

3. Berikan Jeda

Jangan terlalu memaksakan diri secara berlebihan. Hal ini supaya bad mood tidak berlangsung sangat lama yang bisa membebani proses bekerja Anda.

Berikan jeda sejenak untuk merelaksasi diri dan mengembalikan mood yang baik. Dengan memberikan diri istirahat sejenak, mungkin saja seseorang dapat fokus kembali dalam menuntaskan setiap pekerjaan.

 

4. Mendengarkan Musik

Musik dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membangkitkan semangat. Dengarkan musik favorit saat bekerja untuk membantu meningkatkan mood. Selain itu, mendengarkan musik pun bisa menurunkan tekanan darah, denyut nadi, serta kadar hormon stres.

 

BACA JUGA:Benarkah Makan Ice Cream Bisa Meningkatkan Mood?

 

5. Minum Air Putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi juga dapat mempengaruhi mood dan kinerja kerja. Oleh karena itu, pastikan kalian selalu minum air putih yang cukup selama bekerja.

 

6. Rencanakan Pekerjaan

Mood buruk mungkin datang kepadamu saat sudah merencanakan rencana pekerjaan jauh-jauh hari. Situasi ini jelas bakal membuat Anda harus melakukan penyesuaian.

 

Disarankan agar memprioritaskan untuk melakukan tugas yang paling penting. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

 

7. Lakukan Kegiatan yang Kamu Suka

Lakukan kegiatan yang kamu suka saat waktu istirahat. Cara ini mampu membantu merelaksasi diri dan meningkatkan mood.

 

Dengan melakukan kegiatan favorit, kalian bisa teralihkan dari hal-hal yang menganggu sehingga akan fokus pada sesuatu yang lebih psotif.

 

BACA JUGA:17 Rekomendasi Lagu K-Pop yang Cocok untuk Membakar Semangatmu, Hilangkan Rasa Malas dan Bad Mood

 

8. Berbicara dengan Teman

Berbicara dengan teman atau rekan kerja dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood. Memiliki teman yang bisa menjadi wadah curhat sangat penting supaya Anda tidak terus memendam setiap masalah.

 

Carilah teman yang bisa dipercaya untuk bercertia apapun, karena mungkin saja mereka bisa membantu membuat suasana hatimu kembali membaik.

 

Berolahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga saat waktu istirahat.

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan dapat membantu meningkatkan mood dan tetap fokus saat bekerja meskipun suasana hati sedang buruk. Semoga informasi ini bermanfaat, dan tetap semangat bekerja.

Kategori :