7 Hewan Terkecil di Dunia yang Memiliki Kemampuan Luar Biasa

Sabtu 04-11-2023,12:04 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar – Hewan atau binatang sebagai salah satu makhluk hidup tentu memiliki kemampuan dan keuinikan masing-masing terlepas dari ukurannya. Entah itu hewan bertubuh besar maupun hewan bertubuh kecil, mereka dibekali keahlian yang membantu dalam hal bertahan hidup.

 

Dunia fauna selalu saja memiliki segudang fenomena menarik yang menyita perhatian dan juga informatif. Untuk pembahasan kali ini kami akan menyorot pada hewan terkecil di dunia.

 

Ada beberapa hewan dengan ukuran tubuh super mungil namun memiliki kemampuan yang luar biasa. Melansir dari berbagai sumber, berikut ada informasi tentang tujuh hewan terkecil di dunia dengan diberkati kemampuan yang sensasional.

 

Penjelasan Tentang 7 Hewan Terkecil di Dunia yang Memiliki Kemampuan Luar Biasa

 

BACA JUGA:10 Hewan Hutan Amazone Terunik dan Sulit Ditemukan


1. Pygmy Marmoset

Pygmy Marmoset adalah primata terkecil di dunia yang memiliki kekuatan tergolong luar biasa. Mereka mampu melompat hingga 5 meter jauhnya dan memegang benda yang beratnya dua kali lipat dari berat tubuhnya.

 

Adapun Pygmy Marmoset punya tinggi tubuh antara 4,6 hingga 6,2 inci dengan berat sekitar 3 sampai 5 ons saja.

 

2. Barbados Threadsnake

Barbados Threadsnake adalah ular terkecil di dunia. Meskipun ukurannya sangat kecil, ular ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Mereka mampu memangsa hewan yang lebih besar dari ukurannya.

 

Reuters seperti dikutip dari detikedu menyebut bahwa Barbados Threadsnake hanya setipis spaghetti serta tumbuh penjang sekira 4 inci.

 

3. Brookesia Micra

Brookesia Micra adalah bunglon terkecil di dunia. Ukuran tubuh hewan ini hanya 2-3 cm ketika mencapai usia dewasa. Terlepas dari ukurannya super kecil, bunglon ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

 

 

BACA JUGA:7 Hewan yang Terancam Punah, Nomor 5 Ada di Indonesia

 

Melansir dari Gramedia.com, bunglon jenis itu mampu berubah warna dan bentuk tubuhnya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.

 

4. Lemur Tikus

Lemur Tikus adalah primata terkecil kedua di dunia setelah Pygmy Marmoset. Hewan tersebut punya bobot tubuh antara 1 dan 4 ons dengan tinggi 2,25 serta 4,75 inci (sekitar 5-10 cm).

Ukurannya sangat kecil, tapi Lemur Tikus memiliki kemampuan untuk melompat jauh dan menyeimbangkan diri dengan baik.

 

5. Bumblebee Bat

Bumblebee Bat adalah kelelawar terkecil di dunia. Panjang dari bagian kepala hingga tubuhnya hanya sekira 1,14 inci - 1,3 inci atau 29 - 33 milimeter.

 

Kendati ukurannya sangat kecil, kelelawar ini memiliki kemampuan untuk terbang dengan kecepatan tinggi dan menangkap mangsa dengan akurasi yang tinggi.

 

6. Madame Berthe's Mouse Lemur

Madame Berthe's Mouse Lemur adalah primata terkecil di dunia yang ditemukan di Madagaskar. Panjang tubuhnya sekitar 9 - 11 cm saja, panjang ekor 12 - 14 cm, dan bobot rata-rata mencapai 30,6 gram.

 

BACA JUGA:5 Hewan Paling Berbahaya di Dunia

 

Ukuran hewan ini sangat kecil, namun punya kemampuan untuk melompat jauh dan menyeimbangkan diri dengan baik.

 

7. Paedophryne amauensis

Mengutip dari Merdeka.com, Paedophryne amauensis adalah katak terkecil di dunia. Saat dewasa misalnya, ukuran panjang katak jenis ini hanya sebesar 8 milimeter.

 

Meskipun ukurannya sangat kecil, katak ini memiliki kemampuan untuk melompat jauh dan menyeimbangkan diri dengan baik.

 

Itulah informasi dari Radar Jabar seputra dunia fauna yaitu tujuh hewan terkecil di dunia memiliki kemampuan luar biasa. Meskipun hewan-hewan tersebut memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, namun mereka memiliki kemampuan yang luar biasa dan mampu bertahan hidup di lingkungan yang sulit.

 

Sumber artikel: dihimpun dari detikedu, Gramedia.com, dan Merdeka.com.

Kategori :