Mengenal Lebih Jauh Narsisme, Narsistik dan NPD

Jumat 03-11-2023,14:25 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Menurut American Psychiatric Association's Diagnostic and Statistical Manual edisi kelima, karakteristik NPD meliputi pandangan diri yang sangat besar, kesulitan dengan empati, merasa memiliki hak yang besar, dan kebutuhan akan pujian serta perhatian.

Pada dasarnya, pada masa anak-anak, sifat egois dan narsistik mungkin tampak, namun ini adalah bagian normal dari perkembangan kognitif mereka.

Salah satu kriteria yang sering kali diamati pada Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah sifat arogansi. Penderita NPD sering merendahkan orang lain, merasa orang lain lebih rendah atau inferior dibandingkan diri mereka.

Mereka juga meyakini bahwa kemampuan individu-individu yang mereka temui adalah rendah, merasa tidak pantas di posisi mereka saat ini. Individu dengan sifat narsistik cenderung menggunakan kata-kata superlatif saat menggambarkan diri mereka, seperti terbaik, paling pintar, atau paling hebat.

Mereka cenderung menunjukkan perilaku antisosial yang manipulatif atau merendahkan orang lain. Mereka sulit melihat kesalahan dalam diri mereka sendiri dan tindakan yang mereka lakukan, sambil mempertahankan pendapat tinggi tentang diri mereka.

Sifat-sifat ini bisa mengganggu kedamaian lingkungan, tetapi yang membuat Gangguan ini menjadi masalah adalah potensi bahayanya bagi orang lain.

Keterlibatan orang yang narsistik pada citra diri mereka menyebabkan fokus mereka hanya pada diri sendiri, mengurangi kemampuan untuk merasakan empati terhadap perasaan dan pengalaman orang lain.

Sebagai contoh, bayangkan seorang ibu yang bukannya merawat anaknya dengan baik, tetapi menggunakan anaknya sebagai sumber perhatian atau pujian untuk kepentingan dirinya sendiri.

Atau, alih-alih menerima bantuan dari orang lain yang mencoba membantu dengan memberikan saran, individu yang narsistik justru menyalahkan pihak lain sepenuhnya, menganggap hanya diri mereka yang benar.

Campbell dan Foster mengidentifikasi unsur-unsur dasar dari narsisme, yang mencakup keyakinan bahwa orang yang narsistik lebih baik daripada orang lain, memiliki pandangan yang bertentangan dengan realitas, bersifat egois, dan berfokus pada kesuksesan di atas segalanya.

M. Scott Peck, seorang psikiater Amerika, pernah menyatakan bahwa kejahatan tidak dilakukan oleh individu yang meragukan kebenaran, mempertanyakan motif mereka, atau khawatir mengkhianati diri sendiri. Kejahatan di dunia ini dilakukan oleh individu "gemuk rohani", seperti orang Farisi pada zamannya, yang merasa bahwa mereka benar dan tanpa dosa, karena mereka tidak ingin merasakan ketidaknyamanan dalam melihat diri mereka secara signifikan.

Orang yang sehat secara mental, ketika melakukan kejahatan, menyadari bahwa perbuatannya salah, merasa bersalah, dan berupaya menebus kesalahan mereka dengan kembali ke jalan yang benar.

Namun, ketika narsisme mencapai tingkat ekstrem, individu tersebut akan melakukan rasionalisasi dan pembenaran atas tindakan mereka sebagai mekanisme pertahanan untuk menjaga perasaan mereka tentang moralitas dan menghindari rasa bersalah, tetap meyakini bahwa mereka berada di sisi yang benar.

Menurut Peck, kejahatan muncul dari individu yang merasa tindakan mereka benar dan tidak ingin merasakan ketidaknyamanan dalam melihat diri mereka secara signifikan. Mereka berusaha untuk memastikan apakah tindakan yang mereka lakukan memiliki moral yang baik dan tidak merugikan orang lain.

Penyebab Gangguan NPD

Ada tiga teori tentang asal-usul dari Gangguan Kepribadian Narsistik (NPD). Para psikiater menemukan tiga asosiasi yang umumnya terdapat pada individu dengan NPD.

1. Faktor Keturunan

Kategori :