cara Menghargai Diri Sendiri Tanpa Bergantung pada Pengakuan Orang Lain

Minggu 22-10-2023,13:53 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

 

7. Buat Lingkungan yang Positif

Anda mungkin tidak bisa mengontrol bagaimana orang lain memperlakukan Anda, tetapi Anda dapat memilih untuk mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung dan menghargai Anda. Orang-orang yang memberikan dukungan positif akan membantu memperkuat rasa harga diri Anda.

 

8. Cobalah untuk Mengatasi Kegagalan dengan Bijak

Semua orang mengalami kegagalan dalam hidup. Penting untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. Alihkan fokus Anda untuk belajar dari kegagalan dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

 

BACA JUGA:7 Sikap Positif untuk Menjadi Bahagia dengan Pekerjaan yang Kamu Pilih

 

9. Pekan Saran dan Masukan

Terima masukan dari orang lain dengan pikiran terbuka, tetapi ingat bahwa Anda memiliki hak untuk menilai apa yang benar dan penting bagi Anda. Jika saran atau kritik tersebut tidak sesuai dengan nilai dan prinsip Anda, Anda tidak harus menerimanya.

 

10. Pahami bahwa Pengakuan dari Luar Hanyalah Bonus

Menghargai diri sendiri tanpa pengakuan dari orang lain adalah tentang menempatkan diri Anda sendiri di pusat perhatian Anda. Pengakuan dari luar hanyalah bonus tambahan, bukan faktor penentu rasa harga diri Anda. Jika Anda mendapatkannya, itu bagus, tetapi jika tidak, Anda tetap tahu bahwa Anda berharga.

Tags :
Kategori :

Terkait