Vespa Termurah di Bumi Tapi Mewah? Vespa Urban Club 125 Tampilkan Gaya Retro Klasik dengan Spesifikasi Canggih

Senin 04-09-2023,16:59 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar – Vespa sebagai merek sepeda motor ternama dan legendaris identik dengan kesan mewah menawan dan memiliki harga yang mahal. Namun ternyata ada Vespa termurah dan spesifikasi tetap mewah seharga Rp17 jutaan saja dengan nama Vespa Urban Club 125.

 

Label Vespa termurah di dunia melekat pada Urban Club 125. Ini sebab sang roda dua dibanderol sangat murah ketimbang Vespa matic lainnya.

 

 

Motor Vespa adalah salah satu yang sangat laris dan jadi incaran banyak pencinta otomotif di seluruh dunia. Setiap kalangan dari orang dewasa hingga anak muda mendambakan punya sang ikon dunia otomotif ini karena desainnya menarik dan nyaman dikendarai.

 

Soal harga pun terkadang dibuat menjadi bukan masalah. Meski Vespa terkenal dijual dengan harga mahal bahkan sampai ke angkat ratusan juta, banyak orang tidak segan-segan merogoh kocek dalam-dalam demi mewujudkan keinginannya.

 

Melansir dari Pro Nusantara.com, Vespa dikenal merupakan brand premium dengan banderol lebih tinggi daripada brand roda dua lainnya. Penyebabnya adalah status pabrikan asal Italia ini sebagai merek Italia legendaris serta model retronya dengan menggunakan body dari logam.

 

BACA JUGA:Vespa Super Sprint 90, Scooter Balap Legendaris yang Cuma Ada 5000 Unit, Ditawar 1M? Apa Aja Sih Keunggulannya

 

Meski begitu Vespa ternyata pernah meluncurkan varian sepeda motornya yang memiliki harga terjangkau yaitu model Urban Club 125. Motor bergaya retro klasik ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2019 silam di India oleh Piaggio India.

 

Vespa Urban Club 125 mengusung desain mirip seperti milik Vespa LX 125-iGet yang merupakan varian populer. Urban Club 125 hadir dengan desain khas Vespa, bodinya retro dan tampak elegan.

 

Walau banyak perbedaan untuk fitur serta mesinnya yang bertujuan membuat banderol Urban Club 125 lebih murah. Namun tidak perlu berkecil hati wahai para penggemar Vespa, karena motor matic tersebut tetap kedapatan spesifikasi yang tergolong canggih.

 

Melansir dari Motorplusonline.com, Urban Club 125 masih mengadopsi suspensi single-swide swingarm dengan rem tromol supaya tetap maksimal dalam hal pengereman. Vespa juga tetap membekalinya dengan combi brake system (CBS) jadi sistem pengeremannya lebih optimal ketimbang motor tanpa CBS atau ABS.

 

BACA JUGA:Vespa Termurah? Vespa S 125 2023 Ini dengan Mesin Berkualitas Tinggi Desain Unik Spek Eropa Modern

 

Untuk jantung pacunya, mengandalkan mesin 125 cc air kulit FOHC3 Club dengan injeksi elektronik. Bagaimanapun jantung pacu tersebut belum generasi eignet seperti pada Vespa Primavera mau pun Vespa LX teranyar.

 

Spesifikasi mesin Vespa Urban Club 125 bisa menghasilkan tenaga hingga 9,6 dk serta torsi 9,9 Nm. Mengutip dari Rider Tua, ini tergolong cukup optimal untuk motor matik yang menggendong mesin 125 cc.

 

Performa sang Vespa murah hanya sedikit lebih kecil selisih sekitar 1 dk dan 1 nm daripada Vespa LX 125. Walau demikian jika melihat harganya Rp17 jutaan, Urban Club 125 punya spesifikasi mewah untuk kelas harga segitu apalagi tampilannya pun klasik retro.

 

BACA JUGA:New Honda Giorno+ Skutik Klasik Modern dengan Teknologi Terdepan & ‘DNA’ Vespa, Harga Mulai Rp26 Jutaan

 

Hal itu mengingat Urban Club 125 sudah dilengkapi dengan beragam fitur lainnya seperti lampu depan bohlam, electric starter, speedometer analog, dan lampu belakang menggunakan LED. Pabrikan memberikan fitur-fitur ini untuk menyuguhkan kesan klasik pada motor ini, atau sekadar sebagai pemanis tampilan.

 

Di India, banderol Vespa Urban Club 125 masuk kategori murah sebesar 93.035 Rupee atau sekitar Rp17 jutaan. Selain karena faktor spesifikasi yang sederhana, Vespa ini murah lantaran Piaggio India merakitnya di pabrik milik mereka di Baramati.

 

Hal tersebut kontras dengan motor Vespa di Indonesia. PT Piaggio Indonesia (PID) membawa masuk tunggangan secara CBU alias impor utuh.

 

Dengan harga murah meriah, desain klasik, dan spesifikasi cukup menggiurkan, Urban Club 125 layak dipertimbangkan oleh pencinta motor matic. Motor ini masih memberikan pengalaman berkendara memuaskan dengan tampilan yang memukau.

 

Sumber: berbagai sumber.

Kategori :