Gunung Batur Bali: Legenda Asal Usul Menurut Cerita Rakyat Kebo Iwa

Jumat 01-09-2023,15:19 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar -Gunung Batur adalah salah satu gunung api yang masih aktif yang terletak di wilayah Kintamani, Bali. Selama ribuan tahun, gunung ini telah menjadi salah satu ikon alam yang memukau di Pulau Dewata.

Namun, di balik keindahan dan ketenangan yang terlihat pada saat ini, ada sebuah legenda menarik yang berkaitan dengan asal usul Gunung Batur, yang diwariskan melalui cerita rakyat dan menjadi bagian integral dari budaya Bali.

Legenda ini melibatkan tokoh bernama Kebo Iwa, yang memiliki sifat-sifat yang sangat unik.

Pada zaman dahulu, Kebo Iwa adalah seorang anak yang memilukan hati kedua orang tuanya dengan sifatnya yang serakah, emosional, dan pemalas.

Kecenderungannya untuk selalu meminta lebih banyak makanan dan kebutuhan lainnya membuat kedua orang tuanya merasa kewalahan.

 

BACA JUGA:8 Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango Jawa Barat, Nomor 1 Tidak Banyak Orangtau!

 

Mereka mencoba sekuat tenaga untuk memenuhi keinginan Kebo Iwa, namun pada suatu titik, mereka menyadari bahwa mereka tak lagi sanggup memenuhinya.

Pada saat itulah, kedua orang tua Kebo Iwa merasa bingung dan putus asa. Mereka tahu bahwa mereka membutuhkan bantuan yang lebih besar daripada yang bisa mereka berikan.

Dalam kebingungan mereka, kedua orang tua ini memutuskan untuk meminta pertolongan dari dewa-dewa, entitas supernatural yang dipercayai oleh masyarakat Bali sebagai pemegang kekuatan luar biasa.

Dewa-dewa dengan kemurahan hati mendengarkan permohonan kedua orang tua tersebut. Mereka memutuskan untuk memberikan bantuan dengan cara yang unik.

Dewa-dewa mengambil tanah hasil galian yang telah ditumpuk oleh Kebo Iwa selama bertahun-tahun. Tanah-tanah ini ditempatkan bersama-sama dan membentuk sebuah gunung yang tinggi. Gunung ini kemudian diberi nama Gunung Batur.

Namun, keajaiban ini tidak berhenti di situ. Terbentuknya Gunung Batur juga memicu peristiwa lain yang mengubah bentuk wilayah sekitarnya.

Beberapa desa yang terletak di sekitar area tersebut tenggelam dan menjadi bagian dari Danau Batur yang terbentuk akibat proses ini. Sehingga, cerita asal usul Gunung Batur juga menjadi bagian dari legenda tentang Danau Batur.

Kategori :