Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Aman

Senin 28-08-2023,06:02 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Stretch mark, atau juga dikenal sebagai striae, adalah garis-garis halus atau guratan yang muncul pada kulit akibat peregangan kulit yang tiba-tiba.

Hal ini bisa disebabkan oleh pertumbuhan tubuh yang cepat, perubahan berat badan drastis, atau perubahan hormon. Meskipun tidak berbahaya, stretch mark bisa menjadi perhatian estetika bagi beberapa orang.

Berikut adalah panduan mengenai cara menghilangkan atau meminimalkan tampilan stretch mark:

 

Perawatan Kulit Rutin:

Rajin merawat kulit dapat membantu meminimalkan tampilan stretch mark. Gunakan pelembap atau krim khusus yang mengandung vitamin E, kolagen, retinol, atau bahan-bahan lain yang dikenal mendukung regenerasi kulit.

 

Minyak Alami:

Beberapa minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak biji anggur dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi tampilan stretch mark. Oleskan minyak ini secara teratur pada area yang terdampak.

 

Krim Penghilang Stretch Mark:

Di pasaran terdapat krim atau salep khusus yang dirancang untuk menghilangkan stretch mark. Beberapa produk mengandung bahan seperti asam alpha hydroxy, asam retinoat, atau bahan-bahan lain yang dapat membantu mengurangi tampilan stretch mark.

 

Laser dan Terapi Cahaya:

Terapi cahaya atau laser dapat merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Terapis kulit atau dokter kulit dapat memberikan perawatan ini untuk mengurangi tampilan stretch mark.

 

Pengelupasan Kulit (Chemical Peels):

Pengelupasan kulit dengan bantuan bahan kimia tertentu dapat membantu merangsang regenerasi kulit dan mengurangi tampilan stretch mark. Namun, perlu dilakukan oleh profesional medis.

 

Mikrodermabrasi:

Prosedur ini melibatkan penggunaan alat khusus untuk menghilangkan lapisan atas kulit, mendorong regenerasi sel-sel kulit baru dan mengurangi tampilan stretch mark.

 

Perawatan Pencukuran:

Meskipun tidak menghilangkan stretch mark, mencukur rambut di area tersebut dapat membantu meminimalkan tampilan visual stretch mark.

 

Pentingnya Pola Makan dan Hidrasi:

Konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi, terutama vitamin C dan E, serta minum air yang cukup, mendukung kesehatan kulit dan proses regenerasi.

 

Ingat, setiap individu memiliki kondisi kulit yang berbeda, dan apa yang berfungsi untuk satu orang mungkin tidak efektif untuk orang lain.

Sebelum memulai perawatan apa pun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau profesional medis untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Kategori :