Ternyata Bisul Juga Bisa Tumbuh di Telinga, Berikut Penyebab dan Penanganannya!

Rabu 23-08-2023,16:25 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Bisul adalah infeksi kulit yang terjadi di sekitar folikel rambut atau kelenjar minyak. Meskipun biasanya muncul di area tertentu seperti wajah, leher, atau punggung. Namun bisul juga bisa muncul di area yang kurang umum, termasuk telinga.

Bisul di telinga dapat menyebabkan rasa sakit serta menyebabkan ketidaknyamanan. Artikel ini akan menjelaskan penyebab umum bisul di telinga, gejala yang mungkin muncul, serta opsi pengobatan yang tersedia.

Berikut Penyebab Bisul di Telinga

Infeksi Bakteri

Bisul biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat masuk ke dalam pori-pori kulit dan menyebabkan peradangan yang kemudian berkembang menjadi bisul.

Gesekan atau Trauma

Gesekan berlebihan atau cedera kecil pada area telinga juga dapat memicu perkembangan bisul. Misalnya, penggunaan cotton bud yang tidak hati-hati dapat merusak folikel rambut atau kulit di sekitar telinga.

BACA JUGA:Kesel Sama Bisul yang Nongol? Cobain Cara Alami Ini, Dijamin Sembuh Lebih Cepat!

Kebersihan yang Kurang

Kurangnya kebersihan telinga bisa menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri di area telinga, yang pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi dan bisul.

Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang melemah dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi bakteri, termasuk infeksi yang berpotensi menyebabkan bisul.

Bisul telinga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Meskipun begitu bila bisul sudah tumbuh, anda bisa melakukan cara ini untuk meredakan gejalanya.

BACA JUGA:5 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Berikut cara untuk meredakan gejala yang ditimbulkan oleh bisul telinga

Kompres Hangat

Mengompres bisul dengan kain hangat dapat membantu meredakan nyeri, mempercepat kematangan bisul, dan memfasilitasi pelepasan pus (nanah).

Hindari Memencet Bisul

Meskipun mungkin tergoda untuk memencet bisul, sebaiknya hindari memencet bisul. Memencet bisul dapat menyebabkan memperburuk infeksi semakin parah.

BACA JUGA:7 Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan Benar Tanpa Memencet Jerawat dan Merusak Kulit Wajah

Menjaga Kebersihan Telinga

Menjaga telinga tetap bersih dan kering adalah kunci untuk mencegah bisul berulang. Hal tersebut merupakan pencegahan untuk menimbulkan bisul tumbuh akibat sumbatan minyak di telinga.

Konsultasi Medis

Jika bisul terus memburuk, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya doktyer dapat memberikan perawatan yang sesuai berdasarkan kondisi yang anda alami.

Antibiotik Topikal

Dokter mungkin akan meresepkan krim antibiotik topikal untuk membantu mengatasi infeksi. Tentunya penggunaan antibiotik ini harus sesuai dengan resep dokter.

Kategori :