Ada pula fitur pengaman yang diakses melalui tombol ini. Ada tombol untuk membuka jok serta membuka tempat baterai. Untuk membuka tempat baterai di bawah, terdapat mekanisme penguncian yang cukup ditarik untuk membuka. Berat baterai sekitar 12 kilogram.
Baterai dan Kenyamanan
Spesifikasi baterai Alva Cervo menggunakan 73 volt dengan 24 ampere, cukup besar dan memiliki dua slot baterai. Di bawah jok ada kompartemen penyimpanan, yang juga memiliki fitur penempatan controller. Di bagian belakang, terdapat bagasi yang cukup lapang, meskipun tidak terlalu besar karena ada kotak untuk menyimpan perangkat komponen seperti controller.
Saat ditutup, bagian belakang memiliki desain yang menarik dengan potongan dan lekukan yang unik. Yang menarik dari motor ini adalah tampilan belakangnya, terutama dari sudut yang menunjukkan roda belakang yang terlihat maju ke depan, hampir mirip dengan desain single arm.
Iya, memang menggunakan desain single arm, dan roda belakangnya juga besar, yaitu 140/70. Ini membuat tampilannya lebih teratur dan cakram rem terletak di sebelah kiri. Bagian kanan tampak sangat bersih. Bagian belakang untuk pelanggan hanya memiliki lampu besar yang juga berfungsi sebagai lampu rem dan penahan pelat nomor.
Di samping sana terdapat fitur gradasi, seperti ada gearbox yang terlihat, yang juga dilengkapi dengan tempat oli. Meskipun tidak terlalu besar, menggunakan kaliper Nissin 2 piston yang membuat rem belakang sangat efektif.
Di sini terdapat shockbreaker belakang. Lampu rem belakangnya menarik perhatian, terutama ketika lampunya menyala. Bagian tengahnya hanya untuk lampu belakang saja. Posisi berkendara terasa mantap, dengan posisi jok yang cukup unik.
BACA JUGA:Review Lengkap: Skuter Listrik Vespa Elettrica dari Spesifikasi hingga Kontrol Mesin
Jok dibuat lebar untuk mengakomodasi dua baterai yang terletak di tengah. Ini memberikan rasa keseimbangan yang kuat. Meskipun sebenarnya tidak terlalu tinggi, tetapi kelebarannya memberikan perasaan yang lebih luas saat duduk, dengan posisi kaki yang agak terbuka. Posisi jok depannya sangat lebar, namun bagian stepnya terasa nyaman.
Posisinya sangat fleksibel, dari santai hingga sangat cenderung ke depan. Stangnya memiliki nuansa yang agak unik. Keunikan ini terletak pada penyederhanaan, dengan stang yang sempit dan meresap ke dalam.
Menurut kami, ini mendukung kemampuan berbelok yang lebih ringkas, serta mempermudah pengamatan visual dan manuver. Berbelok zigzag terasa sangat nyaman dan mudah, membuat motor ini terasa tidak besar. Meskipun memiliki tinggi 1,3 meter, rasanya tidak terlalu terasa.
Keunikan Alva Cervo
Keunikan lain adalah desain joknya. Pada bagian ini, ada area yang lebih empuk yang memberikan kenyamanan saat duduk. Namun, bentuknya yang lebar bisa terasa sedikit kurang nyaman bagi yang tidak terlalu tinggi. Namun, secara umum masih nyaman dan bentuknya mendukung kenyamanan berkendara.
BACA JUGA:Keunggulan Motor Listrik Alva Cervo: Masa Depan Mobilitas Berkelanjutan
Bagaimana dengan kemampuan mengendalikan motor ini? Motor ini terasa ringan dan mudah dikendalikan. Berputar balik juga sangat mudah. Walaupun belum bisa sepenuhnya mengeksplorasi kemampuan suspensi karena jalanan yang saya lewati cenderung mulus, namun kesan awalnya cukup baik.
Perbandingannya dengan model Alfamart terasa lebih lembut, terutama pada bagian belakang. Kemudian, mengenai sistem pengereman, remnya cukup kuat dan responsif. Namun, terkadang ada masalah dengan kunci yang tersangkut di rem karena sistem komputer di motor ini. Menurut saya, pilihan untuk menggunakan sistem pengereman ABS akan menjadi solusi yang lebih aman dan baik.