7 Makanan Khas Jogja yang Wajib Kamu Nikmati Saat Berkunjung ke Yogyakarta!

Senin 24-07-2023,15:24 WIB
Reporter : Ismi Susi Widari
Editor : Ismi Susi Widari

RADAR JABAR - Yogyakarta merupakan kota yang terkenal dengan kekayaan budaya, sejarah, dan tentunya kulinernya yang lezat. 

Kota ini terkenal dengan perpaduan rasa dan rempah-rempahnya yang unik, yang membuat masakannya menonjol dari yang lain. 

Berikut ini 7 makanan Khas Jogja yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Yogyakarta.

1. Gudeg

Gudeg adalah makanan tradisional dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula aren. 

Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, tahu, dan krecek. Hidangan ini memiliki rasa manis dan gurih yang menjadi ciri khas Yogyakarta. 

Gudeg adalah hidangan yang wajib dicoba ketika mengunjungi Yogyakarta, karena merupakan salah satu hidangan paling terkenal dan populer di kota.

2. Sate Klatak 

Sate Klatak adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari daging sapi atau kambing. Daging direndam dalam campuran rempah-rempah khusus dan kemudian dipanggang di atas arang. 

Hidangan ini disajikan dengan nasi, sambal, dan jeruk nipis. Sate Klatak adalah hidangan yang wajib dicoba bagi pecinta daging, karena merupakan salah satu hidangan paling populer di Yogyakarta.

 

BACA JUGA: Bingung Cari Cafe di Jogja? Coba Kunjungi 5 Cafe Terbaik di Jogja, Dijamin Bikin Kamu Nyaman Gamau Pulang

 

3. Tengkleng Gajah 

Tengkleng Gajah merupakan makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari daging dan tulang kambing. Daging dan tulangnya dimasak dengan racikan bumbu dan santan yang khas. 

Hidangan ini disajikan dengan nasi, sambal, dan jeruk nipis. Tengkleng Gajah adalah hidangan yang wajib dicoba bagi mereka yang menyukai rasa pedas dan gurih.

4. Oseng Mercon 

Oseng Mercon adalah makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari daging sapi atau ayam. 

Dagingnya dimasak dengan racikan bumbu dan cabai yang khas. Hidangan ini disajikan dengan nasi, sambal, dan jeruk nipis. 

Oseng Mercon adalah hidangan yang wajib dicoba bagi mereka yang menyukai makanan pedas.

Kategori :