Liburan Gak Harus Bawa Barang Banyak, Simak 5 Tips Liburan Hemat Disini!

Senin 11-09-2023,14:00 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Mau liburan sudah pasti menyiapkan seabrek bawa barang bawaan liburan yang malah bikin ribet gara-gara bawaan banyak? Eits, liburan gak harus bawa barang banyak kok, masih ada pilihan alternatif lainnya yang dengan tips liburan hemat tanpa bawa barang banyak.

Pada musim liburan kali ini tentu kalian suda menyiapkan berbagai barang bawaan. Tapi, ada kemungkinan dari kalian yang kewalahan membawa barang banyak-banyak atau mengeluh gara-gara space yang gak cukup.

Keluhan mengenai space barang bawaan sudah jadi hal yang lumrah, namun tentunya bisa jadi menghambat perjalanan kalian. Selain itu, untuk para backpacker yang membawa barang banyak, tentunya sangat melelahkan selama perjalanan

Nah, kami akan memberikan berbagai tips liburan hemat yang bisa kalian coba supaya liburan gak harus bawa barang banyak. Tanpa bawa barang yang banyak tentunya bisa menghemat biaya perjalanan yang tentunya sangat menguntungkan.

Berikut tips liburan hemat tanpa bawa barang banyak!

1. Persiapkan Dahulu Rencana Liburan

Sebelum memulai liburan, kalian harus siapkan rencana liburan terlebih dahulu. Persiapan mengenai tempat wisata ataupun penginapan sama pentingnya untuk menghemat biaya serta barang bawaan yang diperlukan.

Jika sudah memilih tempat untuk liburan, maka saatnya untuk menghitung biaya pengeluaran beserta dengan barang bawaan. Bila menggunakan kendaraan umum, tentunya sudah pasti untuk menghitung biaya ongkos perjalanan yang nantinya akan dikeluarkan, atau jika menggunakan kendaraan pribadi, tinggal hitung saja ongkos bensin yang diperlukan. 

Setelah menentukan akan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, maka lebih baik selanjutnya menyiapkan list barang bawaan. List barang bawaan tentunya penting untuk memperkirakan barang bawaan apa saja yang dibawa serta memperkirakan space barang bawaan cukup atau tidak.

Perlu diingat bahwa mengetahui jumlah space yang digunakan untuk barang bawaan seperti bagasi tentunya sangat penting. Jika space masih cukup dan banyak tentunya akan membuat perjalanan lancar dan nyaman tanpa ada hambatan.

Terlebih lagi jika di tempat liburan kalian akan membeli beberapa oleh-oleh atau barang lainnya yang nantinya akan ditaruh baik di kendaraan pribadi ataupun transportasi publik.

BACA JUGA:25 Kode Promo Traveloka September 2023, Banyak Diskon Menarik untuk Liburan

2. Menggulung Pakaian yang Berukuran Besar atau Menggunakan Vacuum Bag Travel

Setelah membuat list barang bawaan, maka langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jumlah pakaian yang akan dibawa. Biasanya ada yang membawa pakaian lebih saat sedang liburan, namun mungkin membawa pakaian terlalu banyak bisa membuat jumlah tas atau koper yang dibawa menjadi banyak.

Nah untuk itu, sebaiknya jumlah pakaian yang dibawa harus muat dalam satu tas atau koper. Untuk mengakalinya agar semuanya muat, maka kalian bisa menggulung pakaian menjadi ukuran yang lebih kecil.

Tips lainnya yang bisa digunakan, yaitu menggunakan vacuum bag travel yang bisa menghemat space tas atau koper, serta semua pakaian bisa masuk. Penggunaan vacuum bag travel sendiri cukup mudah, dengan memasukan semua barang atau pakaian kedalam vacuum bag, kemudian saring udara pada vacuum bag dengan alat yang sudah disediakan hingga tipis.

Vacuum bag travel sendiri sudah tersedia di berbagai toko ataupun di e commerce, serta memiliki harga yang terjangkau juga. Selain itu, penggunaan vacuum bag travel juga bisa digunakan untuk pakaian kotor, serta menghemat penggunaan kantong kresek untuk menyimpan pakaian kotor.

BACA JUGA:7 Tips Liburan Hemat Agar Tidak Boncos, Liburan Nyaman Duit Aman!

3. Memakai Wadah Travel Size Untuk Alat Mandi

Kategori :