4 Basic Tips Mendaki Gunung Yang Aman Bagi Pemula

Senin 11-09-2023,11:45 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Kegiatan mendaki gunung merupakan  salah satu olahraga yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Hal ini karena di Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar diseluruh pulau.

Gunung-gunung di Indonesia menyajikan pemandangan alam yang indah tentunya dapat menyejukan dan memanjakan mata sehingga memuaskan hati bagi para pendaki tentunya.

Mendaki gunung menjadi kegiatan yang tepat untuk merehatkan pikiran dari segala rutinitas yang rumit dan juga dapat menghilangkan stres, terlebih bagi anda seorang pecinta alam dan menyukai kegiatan petualangan.

Bila anda pertama kali melakukan kegiatan ini tentunya anda memerlukan persiapan yang ekstra dan tidak asal-asalan. Berikut ardarjabaw.disway.id telah merangkum beberapa tips  mendaki gunung untuk  pemula.

4 Basic Tips Mendaki Aman Bagi Pemula

1.Rencanakan dengan matang

Bagi anda yang akan endaki tentukan tanggal dan juga lokasi mana yang ingin anda kunjungi bagi anda seorang pemula pilihlah gunung yang pendakiannya ringan dan tidak terlalu rumit. Selain lokasi dan rute pendakian, anda juga harus mencari informasi mengnai cuaca tempat mendaki anda.

Lalu juga tentukan jumlah pendaki dan lamanya perjalanan, sehingga anda memiliki persiapan utnuk waktu istirahat. Perencanaan ini akan berpengaruh pada peralatan dan perbekalan yang akan persiapkan.

2.Persiapkan perlatan dan sesuaikan dengan medan

Mempersiapkan perlatan yang dibuthkan dan menyesuaikan dengan medan yang akan meringankan pendakian dan membuat perjalanan anda menjadi aman dan nyaman. Bawa barang yang benar-benar anda butuhkan agar tas anda pas dan tidak terlalu berat dan tidak ribet, bila perlu anda minta bantuan teman anda yang ahli dalam melakukan packing untuk berkemah.

3.Pilih pakaian dan sepatu yang nyaman dan tepat

Gunakanlah pakaian yang direkomendasikan khusu untuk kegiatan outdoor, seperti material pakaian yang mudah menyerap keringat, jaket dengan fitur water repellent, hingga sepatu yang diperuntukan medan yang basah atau licin.

4.Membawa obat-obatan atau p3k

Bagi setiap pendaki pengetahuan tentang pertolongan pertama tidak boleh terlupakan. Hal ini dibutuhkan untuk kondisi darurat seperti terjadi cedera dan lainnya.

Sekian tips bagi anda sebagai pendaki pemula, inti dari mendaki itu adalah anda harus mempunyai kondisi tubuh yang sehat dan fit agar anda nyaman mendaki dan tidak perlu repot kesakitan.

Kategori :