HKMRS Cirebon, Gelorakan Persatuan Melalui Halal Bihalal

Kamis 18-05-2023,15:13 WIB
Editor : Erwin Mintara

RADARJABAR, CIREBON - Ratusan warga perantauan asal Sumatera Barat yang bernaung dalam Himpunan Masyarakat Minang Rukun Sepakat (HKMRS) Cirebon, tumpah ruah di convention hall Hotel Aston Cirebon.

Momen halal bi halal dengan tema "Basamo Merangkai Solidaritas Ekonomi  Jo Sosial" benar benar mampu menyatukan masyarakat Minang di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu (17/5) itu, cukup menyedot perhatian. Sebab, selain dihadiri perantauan Minang di kawasan Cirebon dan sekitarnya, juga dihadiri oleh ketua umum DPP Induk Keluarga Minangkabau, Komjen Pol Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa dan Sekjen DPP Induk Keluarga Minangkabau Bundo Hj Yemelia beserta rombongan.

Panitia juga bisa tersenyum puas, karena orang nomor satu di Sumatera Barat, H Mahyeldi Ansharullah SP Dt Marajo pun di tengah kesibukannya menyempatkan hadir.

Ketua umum HKMRS Cirebon, dr H Muhammad Edial Syanif, dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Minang yang berdomisili di Kota Cirebon dan sekitarnya selama ini telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi daerah yang didiaminya.

"Alhamdulillah, kontribusi yang diberikan masyarakat Minang di Cirebon untuk Kota Cirebon dan sekitarnya cukup besar dan datang dari segala lini kegiatan," jelasnya.

Halal bi halal yang merupakan kegiatan rutin tahunan HKMRS Cirebon, adalah momen yang senantiasa ditunggu. 

Karena melalui halal bi halal tersebut, komunikasi dan silaturahmi antar sesama anak Minang yang tinggal di Cirebon dan sekitarnya terus terpelihara dengan baik 

Ketua DPP Induk Keluarga Minangkabau, Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam sambutannya menyebutkan, masyarakat Minangkabau dimanapun mereka berada, selalu berupaya memberikan yang terbaik.

"Masyarakat Minang adalah masyarakat pejuang untuk Indonesia. semangat persatuan selalu bergelora karena bagi anak Minang, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung," kata pensiunan Polisi Bintang Tiga ini.

Adat Basandi Syara' Syara' Basandi Kitabullah (ABS SBK) kata mantan Kepala BNPT ini tak hanya sebatas falsafah. namun juga menjadi tantangan bagi seluruh elemen masyarakat Minang   menjaga generasi muda.

Kepada keluarga besar HKMRS, Boy Rafli Amar mengingkatkan agar selalu menunjukkan diri sebagai generasi pejuang. 

"Salah satu dari tantangan terbesar saat ini adalah agar Ranahminang kembali bisa melahirkan tokoh baru dengan semangat kekinian," ucapnya.

DPP Induk Keluarga Minangkabau menurutnya senantiasa mencoba berdiri bersisian dengan kemajuan zaman tersebut dengan menghadirkan platform digital di play store dengan nama Aplikasi Induk Keluarga Minangkabau.

Gubernur Sumatera Barat,  Buya Mahyeldi Ansharullah menambahkan, masyarakat Minang harus senantiasa menyatu dan berintegrasi dengan masyarakat lainnya.

Tags :
Kategori :

Terkait