Melirik Keunikan Koleksi Perangko: Mengapa Hobi Ini Tetap Relevan Hingga Sekarang?

Jumat 12-05-2023,10:08 WIB
Reporter : Firman Satria
Editor : Firman Satria

Radar Jabar - Kolektor perangko adalah sekelompok orang yang memiliki hobi mengumpulkan dan mempelajari perangko dari seluruh dunia. Hobi ini sebenarnya sudah ada sejak abad ke-19 ketika perangko menjadi alat komunikasi utama dalam pengiriman surat dari satu negeri ke negeri lain. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini penggunaan perangko sebagai alat pembayaran dan komunikasi mulai tergeser oleh email, chat, dan metode digital lainnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Meningkatkan Nilai Uang Kuno Anda: Rahasia Sukses Menjual Kepada Kolektor!

Meskipun begitu, banyak orang yang masih tetap tertarik pada koleksi perangko. Koleksi perangko mereka dianggap sebagai benda bersejarah, karena mengandung catatan penting tentang kejadian, tokoh, dan budaya dari daerah penghasil perangko tersebut. Selain itu, kolektor perangko juga menilai perangko berdasarkan keunikan bentuk, warna, serta kualitas percetakan dan bahan, yang mempengaruhi nilai koleksinya.

Sejarah Kolektor Perangko

Sebenarnya, sejarah kolektor perangko bisa ditelusuri jauh sebelum abad ke-19. Pada masa Dinasti Han di Cina, tahun 220 SM, raja-raja mulai memberi nama dan mencetak stempel pada segala jenis surat resmi mereka sebagai tanda legitimasi dan pengesahan. Di Eropa, kolektor perangko pertama kali muncul di Belanda, pada awal tahun 1800an.

Perkembangan koleksi perangko memang turut dipengaruhi oleh perkembangan dunia, di antaranya perkembangan bisnis pos, perjalanan internasional, dan penemuan-penemuan baru. Dengan semakin meningkatnya perdagangan, perangko dianggap sebagai cara praktis dalam pengiriman barang-barang ke daerah-daerah remote.

BACA JUGA:Sekarang Waktunya Cek Celenganmu! Temukan Uang Kuno yang Segera Membuatmu Kaya!

Alasan Hobi Mengumpulkan Perangko

Sebagai hobi, mengumpulkan perangko tentu memiliki keunikannya tersendiri. Di antaranya adalah:

1. Sebagai sumber informasi

Perangko memuat berbagai informasi mengenai kejadian atau peristiwa tertentu dari suatu negara atau kawasan. Informasi yang ada pada perangko biasanya terdiri dari gambar atau simbol yang mencerminkan aspek budaya atau sejarah suatu negara atau daerah tertentu. Kolektor perangko biasanya membandingkan antara perangko yang satu dengan yang lainnya untuk menemukan informasi tentang perbedaan-perbedaan atau kemiripan yang menarik.

2. Sebagai sarana investasi

Di luar kesenangan menelusuri informasi pada setiap perangko yang di kumpulkan, koleksi perangko juga bisa menjadi sumber investasi. Beberapa koleksi perangko yang sangat langka bisa saja memiliki nilai yang sangat tinggi.

3. Sebagai hobi yang mudah dan murah

Hobi mengumpulkan perangko dapat dikatakan hobi yang relatif mudah dan murah. Selain itu, hobi ini punya banyak manfaat positif, seperti melatih kesabaran, konsentrasi, ketelitian, dan pengetahuan sejarah.

Kategori :