Skuter Matik Susah Starter? Gak Perlu Panik Ini Tipsnya

Minggu 30-04-2023,09:26 WIB
Reporter : Syahbana
Editor : Syahbana

 

Punya kendaraan roda dua jenis Skuter Matik merek Vespa memang menyenangkan. Disamping tampilan keren dengan wana-warni yang jadi pusat perhatian saat kita mengendarainya di jalan, pabrikan asal Italia berjenis Vespa ini memang nyaman dikendarai.  

Dengan performa mesin yang cukup andal di berbagai kelasnya, bentuknya yang ikonik menjadikan penggunanya tampil beda. Tapi, bukan tidak mungkin masalah ada saja ditemui penggunanya meskipun kendaraan Skuter Matik kebangaan rajin kita rawat. 

Salah satunya yang sering kita temui adalah susat dinyalakan atau susah starter saat kita buru-buru dikejar waktu saat mau mengendarainya. Ini bisa terjadi jika Skuter Matik kita lama tidak dijalankan atau dioperasikan meski sudah rutin servis berkala. Saat pijat starter, mesin tak menyala. Hal ini bisa jadi, karena memang kendaraan Skuter Matik perlu sering-sering dinyalakan mesinya agar performa panas guna kelancaran beroperasinya mesin pada kendaraan terjaga. Biasanya susah starter lantaran motor kita jarangan dipanaskan sampai beberapa hari sampai kira-kira 10 hari atau lebih lama lagi. 

Tak perlu panik, ternyata tips sari saya selaku pengguna Skuter Matik bisa juga diandalkan sehingga pengguna tidak perlu langsung meghubungi mekanik khusus karena kita sendiri pun bisa untuk menjalankannya. 

Pertama, saat starter apakah knock suara mesin seperti akan hidup atau tidak. Jika suara "knock" mesin saat distarter ada terdengar berarti kemungkinan mesin menyala akan berpeluang besar. Selanjutnya, lakukan starter sampai suara pancingan mesin pada Vespa terdengar. Lakukan starter lebih dari lima kali pijitan dan ini akan memancing mesin pergerakan mesin untuk menyala. 

Lakukan pancingan starter berulang-ulang sampai pada kesimpulan, knock mesin akan terdengar lebih lama dari sebelumnya. Dan pijatan starter ini dibutuhkan sampai maksimal 10 kali. Setelah itu, suara mesin akan terdengar normal walau tidak senormal saat sebelum kendala susah starter. 

Lakukan starter kembali sampai benar-benar, mesin nyala dengan sempurna, lalu tarik handling gas motor Skuter Matik secara bertahap sehingga mesin motor menyala hingga panas mesin dirasakan guna menormalkan kembali motor kesayangan kita. Dan Skuter Matic pun siap melaju dengan kondisi seperti sediakala. (sah)

 

 

 

 

Kategori :