Rekomendasi Resto Khas Sunda yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga dan Kerabat

Selasa 17-01-2023,16:00 WIB
Reporter : Rahmanissa AD
Editor : Rahmanissa AD

RADAR JABAR — Bandung memang tidak pernah gagal dalam menyambut tamu-tamunya. Baik dari segi keadaan alam, maupun rekomendasi makanan-makannya. Kuliner-kuliner Bandung yang sangat kaya dan beragam tidak pernah mengecewakan siapapun yang mencobanya.

Tak ketinggalan juga beberapa resto atau rumah makan khas Sunda yang selalu menarik minat para pengunjungnya. Meskipun hadir dengan menu yang hampir sama, tetapi tiap resto memiliki keunikannya tersendiri. Baik dari menu andalan yang disajikan, hingga penataan ruangan yang menghadirkan suasana yang berbeda.

Berikut merupakan 5 rekomendasi tempat makan khas Sunda yang cocok dikunjungi saat berada di Bandung.

 

1.       Darmaga Sunda

Tempat makan yang beralamat di daerah Nagreg, tepatnya di Jl. Raya Bandung-Garut ByPass Cicalengka No.20 ini akan memberikan pengalaman yang unik. R    esto ini terbilang unik karena restonya sendiri berentuk kapal yang sedang berlabuh dan dikelilingi oleh danau sebagai pemandangannya sehingga Anda yang makan di resto ini akan merasakan sensasi seperti sedang naik kapal sungguhan. Tak hanya menyuguhkan nuansa seperti naik kapal di tengah danau, banyak spot-spot di resto ini yang sangat cocok digunakan untuk berfoto mengabadikan momen-momen bersama keluarga ataupun kerabat dekat.

Resto ini menyajikan berbagai macam masakan khas Sunda seperti nasi liwet, nasi timbel, ayam, sayur asem, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Menu yang menjadi rekomendasi di tempat ini ialah nasi liwet hijau dan gurame saus darmaga. Tak hanya itu, resto ini pun menyajikan menu seafood dan western food. Untuk harga perorangnya berkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000 perorang. Untuk jam operasionalnya ialah pukul 08.00 hingga 22.00.

2.       Rumah Makan Sunda Cibiuk

Berdiri pada tahun 2002 di Jl. Lengkong No. 6-8 Bandung, kini rumah makan ini sudah memiliki banyak cabang. Tidak hanya di Kota Bandung Saja, tetapi juga di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Garut, Purwakarta, dan Karawang. Seperti rumah makan Sunda lainnya, rumah makan ini pun menyajikan masakan khas Sunda seperti ayam goreng, gurame bakar, gurame kipas, sate kambing, gepuk, nasi timbel, dan menu masakan Sunda lainnya. Rumah makan ini memiiki suasana yang nyaman dan memanjakan mata dengan suasana yang dibuat seperti di pedesaan yang sejuk dan asri.

3.       Warung Nasi Ampera

Siapa yang tak kenal dengan rumah makan khas Sunda satu ini? Cabangnya yang sangat banyak membuat orang-orang menjadikan resto ini sebagai salah satu tempat makan pilihan. Tidak hanya karena tempatnya yang tersebar di mana-mana, tetapi masakan yang disajikan di sini juga tidak kalah lezatnya. Warung nasi yang dirintis oleh H. Tatang Sujani dan istrinya St. E. Rochaety di tahun 1963 ini berpusat di Jl. Soekarno Hatta No. 724 Bandung. Sistemnya yang prasmanan memudahkan kita untuk memilih masakan mana saja yang kita inginkan. Selain pilihan makanan prasmanan yang beragam, Warung Nasi Ampera Ini memliki beberapa varian sambal yang lezat untuk menggugah selera makan. Untuk harga, perorangnya biasanya berada di kisaran di bawah Rp 50.000.

4.       Rumah Makan Liwet Asep Stroberi

Bagi para pecinta masakan khas Sunda, nama Rumah Makan Liwet Asep Stroberi ini tentunya sudah tidak asing lagi. Namanya yang unik sesuai dengan ikon stroberi besar yang terdapat di depan bangunan sebagai ciri khasnya. Rumah Makan Liwet Asep Stroberi ini merupakan usaha milik H. Asep Haelusna yang berdiri pada tahun 2006. Mengenai alasan pemilihan namanya, rumah makan ini diambil dari nama pemiliknya, dan juga kesegaran buah stroberi. Pilihan   menu yang disajikan pun beragam. Ada nasi liwet, nasi merah, gurame terbang, tempe mendoan, ayam goreng, dan masih banyak lagi serta tak lupa sambalnya yang bervariasi, salah satunya ialah sambal stroberi yang menjadi khas di rumah makan ini. Menu yang menjadi rekomendasi di rumah makan ini ialah tempe mendoan dan gurame terbangnya yang digoreng renyah tapi lembut di dalam. Selain itu, tempat makannya menyuguhkan pemandangan persawahan yang hijau memanjakan   mata, dengan tempat makan berupa saung-saung khas Jawa Barat. Di beberapa cabangnya terdapat juga tempat bermain untuk anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan sebagainya sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak saat libur sekolah. Rumah makan ini menawarkan beragam paket nasi liwet. Ada paket nasi liwet untuk 2 orang, 3 orang, ataupun 4 orang dengan harga yang berbeda. Harga tiap paketnya sendiri dibanderol mulai dari Rp 95.000 hingga Rp 215.000. Bagi Anda yang tinggal di tengah Kota Bandung, tidak perlu khawatir karena untuk mencicipi masakan Liwet Asep Stroberi tidak perlu jauh-jauh ke Nagreg. Rumah Makan Liwet Asep Stroberi ini memiliki beberapa cabang di antaranya cabang Cicalengka dan Lembang. Rumah Makan Liwet Asep Stroberi cabang Lembang bisa menjadi opsi alternatif.

.       Warung Nasi Ibu Imas

Kembali ke tengah Kota Bandung, ada satu warung nasi yang tempatnya selalu ramai pengunjung yaitu Warung Nasi Ibu Imas yang terletak di Jl. Balonggede No. 93 dan Jl. Balonggede No. 38, Bandung. Sama dengan rumah makan khas Sunda lainnya, Warung Nasi Ibu Imas ini menyajikan ayam goreng, ayam bakar, sayur asem, dan menu masakan Sunda lainnya. Item yang menarik orang-orang untuk dating ke rumah makan ini ialah sambal terasi dan sambal leuncanya yang juara. Untuk harga, warung nasi ini mematok harga mulai dari Rp 4000 hingga Rp 61.000 per itemnya.

 

 

Jadi, manakah resto khas Sunda yang akan menjadi pilihan untuk makan siang Anda?

Kategori :